Tahun 2012, Pemerintah Akan Kurangi 1 Juta Penganggur


 

 JAKARTA — Pemerintah menargetkan bisa mengurangi angka pengangguran sejumlah satu juta orang tahun depan. Rencana ini merupakan salah satu bagian dalam sembilan rencana kluster empat program pengentasan rakyat dari  kemiskinan. “Net (pertambahan) daripada tenaga pekerja kita harus satu juta. Itu sudah selesai kita buat roadmap-nya dari keseluruhan program MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) dan program-program kluster percepatan penyerapan tenaker dan infrastruktur yang ada di APBN,” sebut Hatta di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (20/12/2011). Dengan target pertumbuhan ekonomi tahun depan 6,5 persen-6,7 persen, ia berharap ada penambahan pekerjaan di atas 500.000 per satu persen. Belum lagi ditambah program-program spesial yang berkaitan dngan peningkatan lapangan kerja. “Sehingga kalau ada 2,9 juta lapangan kerja baru (tahun depan) artinya at least kita harus menciptakan 3,9 juta lapangan kerja pada tahun 2012 sehingga 1 juta untuk menyerap yang selama ini menjadi penganggur,” ucap Hatta.

Selain program pengurangan jumlah pengangguran ini, pemerintah juga berencana dapat menghasilkan surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014. Roadmap untuk target ini pun telah dibuat pemerintah. “Roadmap ini sudah selesai dibahas minggu lalu dan akan ada on top dana yang ada, akan kita tambahkan sekitar Rp 1,7 triliun dan bertahap naik sampai 2014 kita harapkan 10 juta ton surplus beras akan tercapai,” tambah Hatta.

Adapun program lainnya dalam kluster empat ini adalah perumahan rakyat murah dan sangat murah, peningkatan kehidupan nelayan, listrik atau energi murah untuk rakyat, air bersih untuk rakyat, angkutan pedesaan yang terjangkau dan murah untuk rakyat, dan program pengentasan rakyat dari kemiskinan di perkotaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: