Bentuk Lebih Penting Daripada Ukurannya


 

INDIANA – Siapa bilang ukuran kelamin adalah yang terpenting? Studi membuktikan bahwa bentuk kelamin lebih penting daripada ukurannya. Demikian hasil studi ilmuwan Universitas Indiana pada spesies kumbang yang telah terpisah sejak 50 juta tahun yang lalu.
Seperti diuraikan di Livescience, Senin (19/12/2011), studi dilakukan pada 5 spesies, termasuk 3 spesies kumbang terisolasi dari timur Amerika Serikat serta barat dan timur Australia. Riset dilakukan dengan melihat organ kelamin kumbang, paramere pada jantan dan pygidium pada betina.

Hasil riset mengungkap bahwa pada jantan dan betina, evolusi kelamin berlangsung secara pararel. Evolusi bentuk dan ukuran terjadi secara terpisah. Kumbang mengalami evolusi bentuk kelamin lebih cepat ketimbang ukurannya.

“Evolusi secara pararel pada kelamin jantan dan betina sudah lama diduga tapi kita punya data yang minim untuk mendukung asumsi ini. Sebaliknya, mengetahui bahwa evolusi yang lebih cepat pada bentuk adalah hal yang mengejutkan,” kata Armin Moczek, biolog dari Universitas Indiana.

Hasil studi ini menegaskan bahwa pada dasarnya bentuk kelamin lebih penting daripada ukurannya. Dengan bentuk yang pas, kelamin jantan dan betina bisa bertindak seperti puzzle yang dirangkai dan kopulasi serta perkembangbiakan dapat terjadi.

Studi dipublikasikan di jurnal PLoS ONE yang terbit Rabu (14/12/2011) lalu. Selain hasil di atas, ilmuwan juga menemukan bahwa evolusi bentuk kelamin berlangsung sangat cepat pada spesies kumbang yang terisolasi sehingga munculnya spesies baru dengan bentuk kelamin yang tak kompatibel lebih mungkin terjadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: