Liga Permainan Papan Segera Digelar!


 

BANDUNG- Bakal ada yang berbeda dalam Pekan Kerajinan Jawa Barat yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat pada 21-25 Desember di Graha Manggala Siliwangi Bandung. Di antara pameran barang kerajinan tersebut, juga digelar turnamen pertama permainan papan atau boardgame buatan Indonesia, Punakawan.

Boardgame Punakawan adalah karya Kummara, sebuah komunitas yang mengkhususkan diri untuk mempromosikan permainan papan di Indonesia. Permainan bisa dilakukan dua orang hingga empat orang dan bermanfaat untuk melatih daya ingat dengan cara menggerakkan bidak yang berasal dari tokoh punakawan seperti Petruk, Gareng, maupun Semar. Permainan yang murni buatan Indonesia diluncurkan dalam event Indonesia Bermain di Bandung, Oktober lalu, dengan kuantitas terbatas dan kini sudah habis terjual.

Menurut salah satu pendiri Kummara, Eko Nugroho, turnamen ini bakal digelar tanggal 22 hingga 24 Desember, 22 dan 23 untuk babak penyisihan sementara babak final pada 24 Desember. Yang menarik, mereka menggunakan sistem tiket dalam turnamen ini. Ini berarti setiap pendaftar diberi tiga tiket yang dipergunakan setiap kali mereka bermain. Dalam tiga kali pertandingan itu, mereka harus mencapai nilai tertinggi untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Dengan demikian, peserta bebas memilih. Mereka bisa menghabiskan tiketnya untuk dimainkan dalam sehari atau mencicil untuk dimainkan keesokan harinya,” kata Eko, Senin (19/12).

Untuk sementara, panitia mempersiapkan jatah untuk delapan orang di babak final. Namun, bila ternyata banyak pemain yang mampu mencapai nilai maksimal pada tiga pertandingan itu, dia tidak menutup kemungkinan babak final akan dilakukan lebih besar lagi.

Pendaftaran untuk acara ini bisa dilakukan secara online maupun datang ke lokasi pameran. Eko mengungkapkan bahwa sudah ada 12 orang yang mendaftar secara online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: