Gajah Laut Mengembara hingga 29.000 Km


 

NEW YORK— Gajah laut selatan (Mirounga leonina) ternyata berkelana begitu jauh kala migrasi, hingga 29.000 km alias bolak balik New York ke Sydney! Hal ini diketahui dari hasil penelitian Wildlife Conservation Society (WCS) pada seekor gajah laut selatan bernama Jackson.
WCS mulai melakukan rekam jejak terhadap pengembaraan Jackson sejak Desember 2010 hingga November 2011. WCS melakukan tagging pada Jackson di Admiralty Sound di Tierra del Fuego, Cile, dan melengkapinya dengan transmiter satelit sehingga lokasi tepat Jackson bisa dideteksi ketika satwa itu tengah menyembul ke permukaan.

Selama Jackson mengembara, ilmuwan merekam seluruh data untuk mengetahui rute migrasi gajah laut selatan tersebut. Dari hasil analisis, diketahui bahwa Jackson melakukan pengembaraan sejauh 1.600 kilometer ke utara, terhitung dari lokasi pelepasan, 640 kilometer ke barat dan 160 kilometer ke arah selatan.

Caleb McClennen, Direktur Program Laut Global ECS, mengatakan bahwa gajah laut selatan sangat penting perannya untuk mengetahui kesehatan laut dan distribusi spesies yang dimangsa. Penelitian ini memberi petunjuk tentang bagaimana gajah laut selatan menggunakan sumber daya di lingkungannya. Wilayah terkait gajah laut selatan yang diteliti adalah Pantai Patagonia.

WCS telah melakukan pemantauan migrasi pada 60 gajah laut selatan dari Atlantik sejak tahun 1990. Jackson merupakan gajah laut selatan pertama yang dipantau migrasinya dari Pasifik. Gajah laut selatan merupakan salah satu satwa terbesar di muka Bumi. Ukurannya mencapai 6 meter, sementara beratnya mencapai 3,4 ton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: