Update Otomatis, Senjata Baru Internet Explorer


Headline

Jakarta – Di tengah kepungan dan persaingan di pasar browser dunia, Microsoft berupaya berbagai cara agar browser-nya, Internet Explorer (IE) tetap berada di puncak.

Salah satu langkah yang akan dilakukan Microsoft saat ini agar browser-nya tetap di posisi nomor satu adalah dengan menawarkan update otomatis. “Hari ini kami berbagi rencana kami untuk secara otomatis meng-upgrade para pengguna Windows dengan update otomatis browser Internet Explorer untuk PC mereka,” demikian pengumuman Microsoft di Windows Team Blog.

“Rencana ini akan kami mulai pada Januari untuk pelanggan di Australia dan Brasil. Hal ini sangat penting dalam pengembangan browser kami,” tambahnya. Langkah ini menurut Microsoft agar bisa memastikan pengguna menggunakan versi terbaru browser mereka, dengan cara yang paling aman. Mengingat saat ini masih banyak pengguna yang masih menggunakan browser IE kuno seperti IE6.

Pihak Microsoft juga mengkonfirmasi bahwa nantinya update ini akan diumumkan secara resmi apabila sudah mulai digulirkan. “Satu hal terpenting, yakni kami melakukan hal ini agar pengguna tetap update dan mendapatkan yang terbaik paling awal,” ungkap pihak Microsoft.

Internet Explorer sendiri saat ini tidak bisa lagi diklaim sebagai browser terbesar, karena trafik melalui browser mereka telah menurun di bawah 50 persen. Browser Safari yang kini memegang 62,17 persen trafik mobile telah mengurangi sebagian pangsa pasar IE. “Meskipun begitu, IE mengklaim bahwa mereka masih menguasai 52,63 persen trafik browser melalui dekstop,” ujar Netmarketshare.com

Lepasnya marketshare besutan Microsoft sebesar 49,6 persen tersebut menggambarkan realitas trafik internet saat ini di tablet maupun mobile. Menurut Netmarketshare, pada Oktober, Firefox telah menjadi browser internet kedua terpopuler, dihitung sebesar 21,20 persen trafik internet keseluruhan, yang kemudian diikuti Google Chrome dan Safari, yang terhitung 16,60 persen dan 8,72 persen trafik internet.

Internet Explorer memang masih mendominasi dengan penguasaan 40,63%. Namun, Internet Explorer (IE) masih belum sukses di pangsa smartphone dan tablet di mana penguasaannya masih sangat rendah.

Versi browser terbaru Microsoft, yakni Internet Explorer 9 (IE9) dipamerkan ke publik pada Maret 2011. Microsoft saat itu mengklaim, bahwa program tersebut memiliki kecepatan dan tingkat keamanan yang mampu mengubah persepsi masyarakat akan internet dan menciptakan iklim browsing terbaru.

Dengan biaya iklan saat itu setidaknya US$10 juta (Rp90 miliar), Microsoft berharap IE9 akan menyaingi Google Chrome. Namun seiring waktu, browser-browser lainnya juga makin mempercanggih diri. Contohnya Chrome yang saat ini mampu menyalip Firefox. Banyak pula pengamat yang memperkirakan bahwa posisi nomor satu IE tidak lama lagi akan bertahan, dan akan segera diduduki oleh para kompetitornya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: