Gaji CEO di AS, Ratusan Miliar Hingga Rp1,3T


VIVAnews– Siapa bilang gaji di Amerika stagnan. Setelah dua tahun membayar paket gaji rendah, chief executive di perusahaan besar justru menikmati kenaikan 36,5 persen pada tahun lalu.

Seperti yang dikutip CNN, angka itu berdasarkan survey dari kompensasi CEO yang dilakukan kelompok riset GMI. Rata-rata kenaikan untuk top eksekutif masing-masing perusahaan yang masuk Standard & Poor 500 sebesar 27 persen untuk 3.000 perusahaan.
Paul Hodgson, senior research associate di GMI mengatakan kenaikan tajam tidak sejalan dengan peningkatan dengan pencapaian keuntungan atau harga saham selama 2010.

Sektor yang paling menguntungkan bagi CEO adalah bekerja di bidang kesehatan, yang menempati peringkat tiga teratas dari sembilan orang.

Gaji yang diterima John Hammergern, eksekutif McKesson Corp sebesar US$145 juta (Rp1,3 triliun). Perusahaan ini mendistribusikan obat dan produk kesehatan dan perawatan kecantikan untuk apotik. Sementara Joel Gemuder, eksekutif dari Omnicare, yang menyediakan obat untuk panti jompo dan perawatan jangka panjang lainnya dibayar US$98 juta (Rp884,94 miliar).

Kedua perusahaan itu sebenarnya melaporkan ke publik bayaran yang lebih rendah dari sebenarnya. McKesson memiliki paket kompensasi senilai US$46,1 juta (Rp416,283 juta) untuk tahun terakhir fiskal, sementara paket gaji Gemunder di perusahaan Omnicare memiliki paket gaji US$32,8 juta (Rp296,18 miliar). Namun kedua perusahaan tidak mau memberikan komentar terkait hal itu.

Namun analisis GMI menambahkan paket kompensasi itu tak hanya terdiri gaji, bonus dan nilai opsi saham yang diberikan. namun juga keuntungan dari pembayaran pensiun. Item ini biasanya tidak dimasukkan dalam laporan perusahaan kepada Securities and Exchange Commision.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: