Waduh.. 50 Persen Museum Kita Belum Sehat


 

 

istimewa

GIANYAR–Sebanyak 50 persen dari 275 museum di Negara Indonesia masih belum sehat, perlu revitalisasi yang tinggi untuk membangun kembali fungsi museum itu.
“Jumlah itu baru museum milik pemerintah, sedangkan untuk museum swasta ada sekitar empat atau lima museum yang tidak sehat,” kata Direktur Museum Indonesia Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dra Intan Mardiana N M.Hum pada work shop gerakan Nasional cinta museum di Museum Arma, Desa Peliatan,Kecamatan Ubud.
Terkait persoalan itu, pihaknya telah berupaya melakukan revitalisasi untuk mengembalikan citra museum itu di mata masyarakat.

Di samping mengembalikan citra, pihaknya juga melaksanakan Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) dengan melibatkan anak-anak sekolahan.

Terus kapan target revitalisasi itu bisa dilakukan? Intan tidak bisa menyebutkan pasti, terpenting menurutnya revitalisasi terus bisa dilakukan.

Paling pertama yang dilakukan menurut Intan adalah melalui GNCM yang dilakukan setiap lima tahun dari tahun 2010 sampai tahun 2014.

Melalui gerakan ini diharapkan citra museum sebagai media universal untuk pelestarian, warisan budaya, wahana pembelajaran nonformal serta sarana eduksi yang kreatif bagi masyarakat.

Di samping itu kegiatan itu juga untuk merubah paradigma museum bukan hanya berorientasi pada koleksi, melainkan berorientasi pada pengunjung atau masyarakat yang dilayaninya.

Selain itu, pihak Kementerian juga tetap memberikan dana bantuan kepada museum di Indonesia. Sementara itu pada kegiatan GNCM itu hadir 75 pelajar Sekolah Dasar dari seluruh Bali.

Selain pelajar pada acara itu juga dihadiri Ketua Himpunan Museum Bali (HIMUSBA), I Nyoman Gunarsa, Pemilik Museum Neka, Pande Sutedja Neka, Pemilik Museum ARMA, Agung Rai, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Ketut Suastika.

Ketua Himpunan Museum Bali, I Nyoman Gunarsa mengatakan museum memiliki tiga fungsi yakni untuk mencerdaskan bangsa,pembentukan jati diri bangsa dan membentuk ketahanan Nasional.

Ia berharap GNCM itu benar-benar mampu memberikan pemahaman soal museum kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: