Membuat Gaun Pengantin Tetap Bermanfaat Setelah Menikah


 

Pesta pernikahan sudah selesai. Tetapi banyak benda yang masih memiliki fungsi setelah pesta pernikahan. Misalnya gaun pengantin.
Untuk dikenakan di hari pernikahan, gaun pengantin biasanya bisa disewa atau dijahit sendiri sesuai keinginan. Kebanyakan wanita memilih menjahit gaun atau kebaya pengantinnya demi momen hidup yang spesial.
Namun setelah itu, gaun tersebut hanya tersimpan rapat di lemari. Model dan bentuknya yang terlalu spesial mungkin terlihat berlebihan jika dikenakan ke pesta. Padahal, gaun atau kebaya tersebut membutuhkan dana yang cukup besar ketika membuatnya.

Agar si gaun atau kebaya pengantin tetap bermanfaat, mungkin Anda bisa melakukan 1 dari 6 pilihan ini.

Dijual
Banyak kenangan manis tersimpan dalam gaun atau kebaya pengantin Anda. Tentu sayang jika dijual. Tapi tak ada salahnya jika uang hasil penjualan tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya yang tak kalah penting.

Anda bisa menawarkan gaun spesial tersebut di forum Internet atau kepada pemilik jasa penyewaan baju pengantin. Cukup siapkan foto gaun Anda atau foto Anda saat mengenakan gaun tersebut di hari pernikahan. Kunjungi forum yang memiliki ruang khusus diskusi tentang pernikahan dan tawarkan gaun Anda kepada calon pengantin baru. Sertakan foto serta detail ukuran. Siapa tahu hasil penjualannya bisa Anda gunakan untuk membiayai bulan madu atau membeli barang idaman.

Sumbangkan

Jika ada acara amal yang menerima gaun pengantin atau lelang untuk amal, Anda mungkin bisa berpartisipasi. Tak ada salahnya berbagi kebahagiaan dengan orang lain lewat gaun atau kebaya Anda. Perasaan yang dihasilkan setelah beramal tentu bisa membuat kita merasa lebih baik dan bermanfaat.

Disewakan
Jika berat berpisah dengan baju kenangan tapi ingin baju tersebut tetap bermanfaat, mungkin Anda bisa mencoba menyewakannya. Tak ada salahnya menanyakan kemungkinan ini ke beberapa sanggar rias. Jika Anda mau sedikit berusaha, kumpulkan gaun atau kebaya pernikahan teman-teman, lalu Anda bisa menawarkan penyewaan gaun dan kebaya tersebut lewat Internet.

Modifikasi
Alternatif lain jika tak ingin berpisah dengan gaun Anda adalah modifikasi. Beberapa perubahan sederhana bisa membuat gaun atau kebaya Anda dapat dikenakan kembali untuk acara lain. Coba konsultasikan dengan penjahit Anda untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Yang penting, jangan sampai gaun yang sudah dibuat dengan susah payah dan biaya besar hanya teronggok di lemari.

Hadiah
Selalu menyenangkan jika bisa berbagi dan memberi. Ketika ada sahabat atau kerabat yang hendak menikah, tak ada salahnya tawarkan gaun atau kebaya Anda sebagai hadiah. Pilih teman atau kerabat yang berpostur mirip dengan Anda supaya tidak perlu banyak penyesuaian. Jika memang gaun atau kebaya tersebut sesuai selera, teman Anda pasti senang menerimanya. Ia bisa menghemat biaya untuk menyewa atau membeli gaun pengantin. Jika ia ingin sedikit berbeda, izinkan teman Anda untuk melakukan modifikasi pada gaun dan kebaya tersebut.

Simpan 

Oke, jadi Anda benar-benar tidak bisa berpisah pada gaun pengantin Anda. Mungkin dalam pikiran Anda suatu saat gaun tersebut bisa diwariskan ke putri Anda. Tak ada salahnya. Namun pastikan Anda tahu cara menyimpannya yang baik. Jika tidak, bisa jadi gaun tersebut akan rusak dan malah tidak memiliki manfaat lagi.

Konsultasikan ke penjahit atau binatu tentang cara pemeliharaan pakaian yang baik. Beberapa binatu bisa menyediakan jasa pencucian sekaligus pengepakan agar gaun dan kebaya Anda dapat terbungkus rapih dalam waktu yang lama. Usahakan tidak menggantungnya karena bisa membuat bentuk dan potongannya berubah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: