Drogba Antar Chelsea ke Babak 16 Besar


 

  • Drogba Antar Chelsea ke Babak 16 Besar 

London (AFP/ANTARA) – Didier Drogba menyumbang dua gol ketika Chelsea mengalahkan Valencia dengan skor 3-0 di Stamford Bridge, yang membuat Si Biru melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup E, Selasa.

Pasukan Andre Villas-Boas paham benar kalau kekalahan atau hasil imbang pada pertandingan ini dapat membuat Valencia melaju ke babak berikutnya, namun dua gol dari Drogba dan satu gol sumbangan Ramires meloloskan Chelsea ke babak 16 besar.

Gol Drogba di awal pertandingan menghapus semua kegugupan, dan satu gol Ramires di babak pertama, membuat Chelsea berada di posisi memimpin yang tidak mereka sia-siakan.

Drogba kembali mencetak gol pada babak kedua, dan ada kabar baik bagi Chelsea dari Belgia, di mana Genk berhasil menahan imbang Bayer Leverkusen, sehingga Chelsea dapat melampaui klub Jerman tersebut dan meraih posisi pemuncak klasemen.

Dengan demikian, Chelsea akan terhindar dari pertemuan dengan tim-tim seperti Barcelona, Real Madrid, Bayern Muenchen, dan Inter Milan pada undian di babak 16 besar.

Setelah awal yang sulit sebagai manajer di Chelsea, Villas-Boas mengakui kalau prospek sebagai manajer Chelsea pertama yang tereliminasi di babak penyisihan grup merupakan hal yang tidak terbayangkan.

Dalam benaknya, Villas-Boas melakukan perjudian dengan meninggalkan gelandang Frank Lampard di bangku pemain cadangan, dan memilih Raul Meireles untuk mengisi tempatnya.

Kritikan Lampard sempat membuat hubungan di antara mereka kurang baik, apalagi Chelsea mengawali musim dengan buruk. Villas-Boas pun akan kembali menerima kecaman dengan membangku cadangkan Lampard.

Tetapi kemenangan 3-0 Chelsea atas Newcastle pada Sabtu membuat Villas-Boas yakin kalau gaya permainan menyerangnya yang begitu sukses di Porto dapat diterapkan anak-anak asuhnya. Ia pun mengambil keputusan kalau menyingkirkan Lampard tidak akan mempengaruhi irama permainan Chelsea.

Hal tersebut menjadi motivasi ekstra bagi pasukan Villas-Boas, dan mereka melakukan awal sempurna ketika Drogba mencetak gol di saat pertandingan baru berlangsung tiga menit.

Daniel Sturridge mengirim umpan silang ke tiang jauh, di mana mantan pemain sayap Valencia, Juan Mata, mampu menerima dan mengontrol bola sebelum mengirimkannya kembali pada Drogba, yang melepaskan tembakan rendah melewati kiper Diego Alves.

Valencia tidak merasa panik karena hasil imbang sudah cukup untuk membuat mereka melaju ke babak berikutnya. Dua kali mereka mampu menebar ancaman untuk menyamakan kedudukan.

Bek kiri Jordi Alba berhasil melewati Branislav Ivanovic, untuk kemudian melepaskan tembakan yang masih membentur tiang dekat.

Tuan rumah kembali terancam saat gelandang valencia, David Albelda, melepaskan tembakan yang masih dapat dihentikan Petr Cech.

Ketika terlihat mulai goyah, Chelsea justru mendapatkan gol kedua pada menit ke-22.

Drogba yang berlari di sektor kiri melepaskan operan pada Ramires, yang seharusnya mampu diantisipasi bek Valencia, Victor Ruiz. Namun Ruiz malah berupaya mengganggu Ramires dengan menggunakan bahunya, Ramires dengan mudah mampu mengecoh Ruiz sebelum melepaskan sepakan jarak dekat melewati kiper Alves.

Valencia datang ke London dengan bekal penampilan yang bagus di liga, tetapi klub Spanyol tersebut terlihat begitu kesulitan mengatasi permainan tuan rumah.

Pasukan Unai Emery akhirnya mampu mengancam gawang Chelsea pada babak kedua, melalui Sofiane Feghouli yang menguji Cech dengan tembakan melengkung. Tetapi tembakan tersebut masih dapat ditepis oleh Cech.

Villas-Boas merespon dengan melakukan pergantian pemain. Ia memasukkan John Obi Mikel, bukan Lampard, untuk menggantikan Ramires.

Drogba menyempurnakan kemenangan Chelsea di menit ke-76. Ia berlari menyambut umpan cerdik Mata, dan menuntaskannya dengan meluncur untuk membuat Chelsea memimpin 3-0.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: