MU Cetak Rekor Baru di Villa Park


 

AFP

BIRMINGHAM – Manchester United (MU) menang 1-0 atas Aston Villa, pada pertandingan Premier League, di Villa Park, Minggu (4/12/2011) dini hari WIB. Ini merupakan kemenangan 1-0 ketiga dalam tiga laga tandang terakhir, yang menurut Infostrada, merupakan sejarah baru bagi MU di Premier League.
Kemenangan MU ditentukan oleh gol bek Phil Jones pada menit ke-ke-20. Gol berawal dari pergerakan Nani di sektor kanan pertahanan tuan rumah, yang berujung umpan ke tengah kotak penalti. Jones mengangkat kakinya dan bola pun melesat melewati dua pemain lawan, masuk gawang Given.

Sebelum gol itu, MU mendapat masalah berupa cederanya penyerang Javier “Chicharito” Hernandez, yang membuatnya digantikan Antonio Valencia pada menit ke-12. Menurut ESPN, Chicharito mengalami cedera pergelangan kaki.

MU tak perlu waktu lama beradaptasi dengan perubahan itu dan segera saja kembali mendominasi pertandingan. Namun, aliran serangan mereka kerap kandas di tengah jalan. Sejumlah usaha untuk mengatasi kebuntuan pun tak banyak menyusahkan Given.

Pada menit ke-12 dan ke-15, misalnya, Nani dan Jones bergantian melepaskan tembakan yang meleset dari sasaran. Semenit sebelum gol Jones, Chris Smalling melepaskan tembakan dari jarak dekat, yang masih bisa diblok oleh kombinasi Stephen Warnock dan Richard Dunne.

Keadaan tak menjadi lebih mudah bagi MU setelah gol Jones. Setelah tembakan Nani pada menit ke-25 dijinakkan Given, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Valencia pada menit ke-32, melesat ke atas sasaran.

Pada babak kedua, Villa menunjukkan perbaikan performa. Meski tak sampai membahayakan MU, mereka mampu meredam serangan MU sambil sesekali melakukan tekanan.

Pada menit ke-51, misalnya, Gabriel Agbonlahor menggiring bola menuju jantung pertahanan MU. Namun, lajunya dihentikan Chris Smalling. Semenit kemudian, Barry Bannan melepaskan tembakan jarak jauh, yang membentur seorang pemain MU.

Alex Ferguson berusaha memperbaiki peruntungan timnya dengan memasukkan Ryan Giggs menggantikan Rio Ferdinand pada menit ke-64. Meski mengalami peningkatan kualitas serangan, MU juga semakin rawan terhadap ancaman lawan.

Pada menit ke-69 misalnya, Agbonlahor kembali menguji benteng MU dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-69. Usahanya membuahkan tendangan sudut, setelah bola membentur seorang pemain MU.

Tendangan sudut ini dieksekusi oleh Richard Dunne. Ia mengirim bola langsung ke tengah kotak penalti. Dengan kepalanya, Emile Heskey membelokkan bola ke arah gawang. Namun, bola melesat tipis ke sisi luar sasaran.

MU bereaksi dengan melancarkan serangan yang berujung tembakan Ashley Young pada menit ke-73, yang meleset dari sasaran. Namun, dua menit setelahnya, Anders Lindegaard tampak berhasil menyelamatkan gawangnya dari bola hasil tandukan James Collins.

MU kembali mampu membalas ancaman itu dengan tembakan Ashley Young, yang kembali kandas di tangan Guzan.

Menjelang menit ke-80, Ferguson menambah daya serang MU dengan menarik Ashley Young dan memasukkan Danny Welbeck. Masuknya Welbeck langsung mengangkat daya serang MU.

Pada menit ke-83, misalnya, Welbeck membangun serangan dengan Wayne Rooney. Ia mencoba melakukan kerja sama satu dua, tetapi gagal menjangkau umpan balik dari Rooney, karena aliran bola dipotong Collins.

Sekitar empat menit kemudian, Welbeck tampak menggiring bola pada melewati tiga pemain lawan, tetapi kemudian melihat bola keluar lapangan akibat kontrol yang kurang sempurna.

Menjelang bubaran, Rooney melakukan tendangan voli setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Michael Carrick. Namun, bola melesat ke atas mistar gawang.

Selama pertandingan, MU menguasai bola sebanyak 56 persen dan menciptakan empat peluang emas dari 14 usaha. Adapun tuan rumah melepaskan dua tembakan akurat dari delapan percobaan.

Dengan hasil tersebut, MU duduk di peringkat kedua dengan 33 poin atau kalah lima angka dari Manchester City. Sedangkan Aston Villa berada di posisi kesembilan dengan 16 poin.

Susunan pemain
Villa:
Shay Given (Brad Guzan 38); Richard Dunne, James Collins, Stephen Warnock, Alan Hutton; Chris Herd (Stiliyan Petrov 59), Jermaine Jenas (Emile Heskey 64), Barry Bannan, Marc Albrighton; Gabriel Agbonlahor, Darrent Bent

Man United: Anders Lindegaard; Rio Ferdinand (Ryan Giggs 64), Nemanja Vidic, Patrice Evra, Chris Smalling; Michael Carrick, Phil Jones, Ashley Young (Danny Welbeck 79), Nani; Javier Hernandez (Antonio Valencia 12), Wayne Rooney

Wasit: Lee Probert

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: