Liburan Nyaman untuk Ibu Hamil


foto: google.com

BERLIBUR dalam kondisi berbadan dua, tentu akan terasa kurang nyaman. Apalagi, jika jarak tempuhnya jauh. Jika tidak ada komplikasi atau perhatian lebih terhadap kondisi kandungan, ibu hamil aman bepergian di fase awal kehamilan.

Berikut beberapa tip yang dapat Anda lakukan saat melakukan perjalanan selama hamil:
Lakukan pemeriksaan

Sebelum traveling, pastikan Anda telah check-up ke dokter kandungan. Jangan berangkat sebelum Anda memeroleh hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter kandungan. Jika memungkinkan, sebaiknya miliki asuransi perjalanan untuk melindungi kehamilan dari berbagai kemungkinan.

Perlindungan asuransi tersebut meliputi perawatan medis ketika melahirkan, melahirkan bayi secara prematur, dan biaya perubahan jadwal perjalanan pulang jika Anda tiba-tiba melahirkan di tempat tujuan.

Pilih waktu tepat

Momen terbaik untuk melakukan perjalanan bagi wanita hamil adalah pada periode 14 dan 28 minggu masa kehamilan. Sebaiknya Anda mencari tahu fasilitas perawatan kesehatan apa saja yang terdapat di tempat tujuan, untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendesak.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk membawa catatan medis agar Anda dapat memberikan informasi relevan mengenai riwayat kehamilan kepada dokter jika diperlukan.

Utamakan kenyamanan

Mengingat Anda tengah berbadan dua, sebaiknya gunakan pelengkapan yang nyaman. Misalnya pilih sepatu atau sandal dengan hak rata, gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, dan jangan membawa barang secara berlebihan.

Usahakan rileks, dan jangan tegang

Perjalanan jauh bagi ibu hamil mungkin sedikit menjenuhkan dan melelahkan. Untuk itu sebaiknya lakukan kegiatan yang bisa mengusir kebosanan. Musik bisa membuat ibu hamil lebih rileks, selain itu musik juga dapat memberi ketenangan untuk si jabang bayi.

Selalu membawa makanan, dan minuman

Bagi ibu hamil dilarang berpergian dengan perut kosong. Bawalah beberapa makanan kecil untuk mencegah mual, karena selama kehamilan anda tak pernah tahu kapan Anda menjadi lapar. Pilih camilan yang bergizi, dan tidak berbahaya untuk kandungan. Untuk air minum, pilih air minum kemasan agar lebih praktis dan terjamin kualitasnya.

Traveling dengan kendaraan

Jika lewat darat, pastikan pilih kendaraan yang nyaman. Bila anda harus memilih bis atau kereta, pilihlah bepergian dengan kereta. Pesan tempat duduk di gang agar anda mudah ke toilet karena ibu hamil gampang buang air kecil.

Bila Anda melakukan perjalanan dengan pesawat, saat memesan tiket informasikan kepada petugas tentang kehamilan anda. Pilihlah kursi dengan ruang yang cukup bagi kaki untuk mempermudah anda bangkit jika ingin menuju kamar kecil. Gerakkan kaki setiap 15 menit mengingat ibu hamil sering mengalami kejang kaki akibat penggumpalan di pembuluh darah balik akibat terlalu lama duduk. Diantaranya dengan meluruskan kaki, memutar pergelangan kaki, menggerakkan ibu jari.

Jangan lakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut karena sangat riskan bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh. Bila terpaksa pastikan ada dokter di kapal dan kapal memiliki cukup fasilitas medis untuk mengatasi ketidaknyamanan Anda. Kapal biasanya memiliki panduan keamanan bagi wanita hamil, pergilah temui petugas khusus ini untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: