Forum Rektor Indonesia Gelar Pertemuan Tahunan Kaji Pendidikan Karakter


 

KENDARI,  Rektor-rektor dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia menggelar pertemuan tahunan ke-14 di Universitas Haluoleo, di Kendari, Sulawesi Tenggara, akhir pekan ini. Pertemuan para rektor dari seluruh Indonesia diharapkan dapat memberikan masukan terhadap isu-isu yang berkembang dalam kehidupan bangsa dan negara.
Para rektor disambut dalam acara pembukaan di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan pada Jumat malam. Penyanyi Ebiet G Ade diundang untuk memeriahkan acara.

Pada Sabtu (3/12/2011), para rektor menggelar diskusi soal pendidikan karakter. Tema pertemuan rektor tahunan kali ini adalah Restorasi Peradaban Dimulai dari Pendidikan : Pendidikan Karakter di Tengah Keragaman Budaya dalam Memperkuat Daya Saing Bangsa.

Usman Rianse, Rektor Universitas Haluoleo sekaligus Ketua Forum Rektor Indonesia, mengatakan perguruan tinggi sebagai tempat berkumpulnya pemikir bangsa di bidang akademis, moral, dan sosial, harus ikut memikirkan dan mewujudkan daya saing bangsa. Hal ini dimulai dengan pendidikan karakter untuk mendukung tegasknya empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Bangsa ini menghadapi masalah fundamental degradasi karakter bangsa. Perguruan tinggi mencoba untuk memberikan ide, konsep, gagasan secara akademis sehingga ditemukan solusi yang elegan, kritis, dan substantif untuk menghadapi masalah bangsa ini,” jelas Rianse.

Bangsa ini menghadapi masalah fundamental degradasi karakter bangsa. Perguruan tinggi mencoba untuk memberikan ide, konsep, gagasan secara akademis sehingga ditemukan solusi yang elegan, kritis, dan substantif untuk menghadapi masalah bangsa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: