Presiden Korsel Beri Contoh Berhemat Listrik


 

Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak, meminta rakyat untuk menghemat listrik selama musim dingin. Tidak sekadar menganjurkan, Presiden Lee langsung memberi contoh bagaimana berhemat. Caranya dengan sering-sering pakai celana hangat (long john) untuk mengurangi pemakaian mesin penghangat ruangan (heater).
Seperti diberitakan stasiun televisi BBC, Senin 28 November 2011, Lee mengaku awalnya merasa risih menggunakan celana tersebut. Namun, lama-kelamaan dia merasa sering memakai long john membuat dia pada akhirnya merasa nyaman dan hangat.

“Saya telah menurunkan suhu pada pemanas di tempat kerja. Saya juga menggunakan celana panjang hangat. Awalnya tidak nyaman, tapi jika sudah terbiasa, sangat hangat dan nyaman,” kata Lee.

Celana panjang penghangat biasanya dikenakan pada musim dingin sebagai pakaian dalam. Lee mengatakan seluruh rakyat harus ikut berpartisipasi dalam mengatasi kekurangan listrik, terutama di musim dingin.

Sebelumnya pada September lalu, Korsel mengalami mati listrik besar-besaran. Hal ini terjadi akibat penggunaan listrik besar secara bersamaan pada saat udara panas. Hal ini dikhawatirkan juga terjadi pada musim dingin mendatang.

Pemerintah Korsel pada awal bulan ini telah mengeluarkan himbauan kepada para pengusaha, pegawai negeri dan rakyat untuk menghemat listrik. Perusahaan besar diperintahkan untuk memotong konsumsi listrik hingga 10 persen, dibandingkan dengan penggunaan tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: