Robohnya Jembatan Gantung Terpanjang RI


 

VIVAnews – Nama resminya Jembatan Kutai Kartanegara, tapi banyak orang menyebutnya Jembatan Tenggarong atau Jembatan Mahakam 2. Jembatan yang melintasi Sungai Mahakam di Kalimantan Timur itu runtuh pk. 16.30 WITA, Sabtu, 26 November 2011, di tengah ramainya arus lalu lintas.
Berdasarkan data yang dihimpun VIVAnews.com, jembatan ini mulai dibangun pada 1997 dan selesai pada 2001. Jembatan menghubungkan Kecamatan Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Laman Wikipedia merinci jembatan ini melintas di atas Sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, sedangkan total panjang jembatan mencapai 710 meter.

Namun, laman resmi Kutai Kartanegara menyebut panjang jembatan ini hanya 580 meter yang dibangun menyerupai Golden Gate di San Fransisco, AS.

Bila melewati jembatan ini, ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan pulau kecil, yaitu Pulau Kumala. Pulau ini telah disulap menjadi kawasan wisata rekreasi yang banyak diminati masyarakat. Bahkan, menurut pemerintah setempat, kawasan ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Di kawasan jembatan ini juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah tugu dan taman-taman yang terlihat dari atas jembatan. Di dekat jembatan juga dibangun sarana olahraga panjat dinding. Kawasan ini setiap sore selalu dipenuhi pengunjung yang ingin menikmati keindahan jembatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: