Longsor, Jalur Penghubung Riau-Sumbar Putus


 

Jalur darat yang menghubungkan Riau dengan Sumatera Barat putus total. Hal ini disebabkan terjadinya longsor di dua titik tadi malam. Akibatnya, hingga saat ini arus lalu lintas kedua provinsi itu macet. Diperkirakan butuh 4 hari kerja untuk memperbaiki jalur tersebut.
Menurut penjelasan Kapolres Kampar, AKBP Muttaqin kepada VIVAnews, Selasa 30 Juni 2009, longsor terjadi tadi malam sekitar pukul 01.50 WIB dini hari. “Jalan putus karena longsor di KM 77.80 pada pukul 01.50 WIB tadi malam,” terangnya.

Longsor kedua terjadi di titik KM 65 pada pukul 7.30 WIB di Desa Rantau Berangin Kampar Bangkinang. “Akibat runtuhnya bukit di dua titik itu, badan jalan tertimbun pasir dan belum bisa dilewati mobil,” katanya.

Muttaqin menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya penanggulangan dengan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kimpraswil Riau.

“Kami juga sudah koordinasi dengan pemerintah kabupaten Kampar. Karena longsor ini terjadi di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Sumbar,” jelasnya.

Sementara itu, untuk melancarkan arus lalu lintas, pihaknya mengalihkan ke jalur alternativ. “Kenderaan yang beratnya di bawah 5 ton atau kenderaan pribadi bisa melintas lewat Desa Sungai Silam keluar di Tanjung Alai.

Sedangkan untuk truk dan bus harus lewat Kiliranjao, lewat Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi,” paparnya.

Ditambahkannya, Dinas Pekerjaan Umum telah mengerahkan dua unit eskavator dan satu unit bulldozer. “Diperkirakan untuk memperbaiki jalur ini dibutuhkan waktu sekitar 4 hari,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: