Nokia Ujicoba Layanan Wifi



JAKARTA–Nokia mengujicoba layanan Wi-Fi gratis di pusat Kota London dan sejumlah wilayah yang dipilih produsen ponsel itu mulai 1 November hingga akhir 2011, demikian dikutip dari BBC.

Perusahaan asal Finlandia itu berencana memberikan layanan Wi-Fi gratis seterusnya mulai awal 2012 apabila uji coba selama dua bulan sukses. Promosi tersebut menjadi salah satu pilihan “hotspot” untuk berinternet gratis di beberapa tempat di London.
Nokia telah menyiapkan 26 hotspot untuk memberikan layanan gratis tersebut dan kebanyakan tersebar di pusat belanja West End serta wilayah Victoria, Marylebone dan Westminster juga akan mendapat poin akses wi-fi.

Perusahaan mengatakan bahwa orang tidak perlu mendaftar atau pun sign in untuk menggunakan layanan tersebut.

Nokia mengungkapkan proyek tersebut merupakan yang terbesar yang pernah direncanakan dan mereka juga berencana melakukan hal yang sama di sejumlah kota di Afrika dan India, dimana keadaan infrastruktur telekomunikasinya masih minim.

Hotspot akan diletakkan di kotak-kotak telepon yang dimiliki dan dioperasikan oleh mitra proyek Spectrum Interactive. Nokia menegaskan layanan penuh Wi-Fi gratis nantinya akan mengikutsertakan lebih dari seribu tempat di London.

Sejumlah hotspot akan ditempatkan di sekitar “penyambung jaringan” yang berkapasitas sebesar 20 megabit per detik namun kecepatan unduh akan dibatasi maksimal satu megabit bagi setiap pengguna untuk memastikan konsumen lain bisa mengakses layanan tersebut.

“Uji coba tersebut dapat membantu kami mengetahui kebutuhan masyarakat yang menggunakan layanan tersebut, sehingga kami dapat memperbaikinya dimasa depan,” kata Direktur Bidang Digital dan Media Sosial Nokia, Craig Hepburn yang dikutip BBC News.

Layanan Wi-Fi gratis telah beredar di seputaran London, khususnya di distrik keuangan London, Square Mile, yang disediakan oleh The Cloud selama beberapa tahun terakhir.

Di pusat London layanan Wi-Fi gratis umumnya disediakan melalui poin akses tunggal di pertokoan, hotel, bar serta tempat hiburan. Sebagai tambahan, sejumlah Penyedia Layanan Internet (ISP) seperti BT memberikan konsumennya pilihan Wi-Fi gratis melalui layanan nirkabel merknya.

Sementara itu, layanan Wi-Fi yang terpisah-pisah tersebut telah memicu upaya Otoritas Besar London untuk menyebarkan Wi-Fi gratis di sejumlah jalan tersibuk.

Proyek Wi-Fi untuk wilayah Westminster, Kensington, Chelsea, Hammersmith dan Fulham serta wilayah lain diperkirakan telah mencapai babak negosiasi akhir.

Selain itu pembahasan penyediaan layanan Wi-Fi di sejumlah stasiun kereta bawah tanah di London bagi calon penumpang yang ingin menikmati Internet sembari menunggu kereta atau ketika sedang berjalan.

Rencana penyediaan Wi-Fi di dan sekitar London untuk Olimpiade 2012 yang ditujukan bagi para pengunjung dan wisatawan untuk menemukan tujuan mereka serta menyiarkan pertandingan olahraga juga sedang dibahas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: