Jepang Batal Ikut Copa America


Buenos Aires – Tim nasional Jepang secara resmi menarik diri dari kejuaraan Copa America 2011. Masalah terjadi saat klub-klub Eropa yang memiliki pemain Jepang, menolak melepas pemain asal Negeri Sakura itu.

Batalnya Jepang tampil di Copa America disampaikan oleh presiden federasi sepakbola Jepang (JFA) Junji Ogura kepada presiden federasi sepakbola Argentina (AFA) Julio Grondona. Surat tersebut diterima pada Senin (16/5/2011) pukul 18:50 waktu setempat atau Selasa (17/5/2011) pagi WIB. Surat tersebut dipublikasikan melalui situs resmi AFA.
“Dengan sangat menyesal saya menginformasikan bahwa tim nasional Jepang tidak bisa berpartisipasi di Copa America 2011 yang digelar di Argentina dan dalam kesempatan ini kami juga memohon maaf,” demikian tulis Ogura dalam surat tersebut.

Beberapa waktu lalu, Jepang sempat mempertimbangkan untuk menarik diri dari Copa America usai gempa hebat yang melanda Negeri Matahari Terbit itu. Dalam perkembangan selanjutnya mereka mengatakan tetap ikut serta.

Namun dalam perkembangan selanjutnya, Jepang menghadapi kesulitan karena sejumlah klub Eropa yang memiliki pemain tim “Samurai Biru”, menolak melepas pemainnya untuk berpartisipasi di kejuaraan tersebut. Alasannya klub-klub Eropa itu ingin para pemainnya –termasuk pemain Jepang– memiliki waktu istirahat yang cukup menjelang musim baru.

“Meski klub-klub Eropa memahami situasi kami, sayangnya banyak dari mereka memberikan respon tidak bisa melepas pemain untuk berpartisipasi di Copa America. Seperti yang kami jelaskan dalam pertemuan April lalu, sulit bagi kami untuk menyertakan pemain dari Liga Jepang untuk Copa America, mengingat jadwal kompetisi banyak mengalami perubahan dan kompetisi distop selama enam pekan setelah gempa bumi, tsunami, dan insiden kebocoran reaktor nuklir.”

“Namun hal itu tidak bisa menghalangi kami untuk menarik diri dari turnamen penting sekelas Copa America. Namun sayan gsekali kali ini kami tidak bisa ambil bagian. Saya berharap Anda bisa memahami situasi sangat sulit yang kami alami.”

Jepang sendiri menurut rencana terundi bersama Argentina, Kolombia, dan Bolivia di Grup A. Seperti dikutip dari Reuters, panitia penyelenggara kini berencana untuk mengundang Kosta Rika untuk menggantikan posisi Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: