Waspada Teroris Rekrut Anggota Baru


Pengamat terorisme Dynno Chresbon dan Al Chaidar melihat, ada informasi bahwa terjadi rekrutmen besar-besaran di daerah Cirebon, Indramayu, Brebes dan juga Bandung. Kawasan itu merupakan basis rekrutmen yang relatif baru dibandingkan Banten dan Solo, misalnya. Ada yang sengaja mau mengadu domba antar ummat beragama, dan bom terorisme itu sangat mungkin dilakukan oleh para pemain baru.
Hari Jumat dipilih sebagai hari ‘ledakan’ aksi terorisme di Mapolres Cirebon, Jawa Barat. Mengapa hari Jumat? Mengapa masjid polisi di Cirebon? Pelaku bom yang memilih Cirebon sebagai target di hari Jumat, menimbulkan dugaan bahwa ada sesuatu di kota yang sering disebut Kota Wali itu. Sungguh di luar dugaan, sebuah bom bunuh diri meledak di masjid kompleks Mapolres Cirebon, Jawa Barat, Jumat 15 April 2011 tepat saat salat Jumat. Mapolres itu terletak di jantung kota Cirebon.

Serangan bom bunuh diri di kantor polisi merupakan hal baru di Indonesia. Selama ini kelompok teroris selalu melakukan serangan terhadap tempat-tempat umum seperti mal, hotel, atau tempat yang berkaitan dengan negara asing. Serangan terhadap kantor polisi sebelumnya memang pernah terjadi di Polsek Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatra Utara. Namun serangan tersebut bukan serangan bom bunuh diri tetapi serangan dengan menggunakan senjata api.

Lalu mengapa memilih momentum serangan saat salat Jumat? Mereka (kelompok teroris) Islamnya lain. Mengapa pas salat Jumat, bagi mereka, ini peluang supaya tidak dicurigai. Mereka memang memanfaatklan situasi lengah, ini yang tidak dipahami orang. Serangan terorisme ini menimbulkan spekulasi bahwa aksi bom bunuh diri bakal terjadi di waktu mendatang. Bisa terjadi di masjid, hotel, pusat perbelanjaan dan tempat lain. Sehingga perlu kewaspadaan yang luar biasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: