Demo ‘Hari Kemarahan’ di Irak, 13 Orang Tewas


 

Baghdad – Demo di Irak berlangsung ricuh. Sedikitnya 13 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi yang mengusung tema antikorupsi di Irak.
Seperti dilansir washingtonpost.com, Jumat (25/2/2011), puluhan ribu warga di beberapa wilayah di Irak melakukan aksi unjuk rasa yang diberi nama ‘Hari Kemarahan’.
Di Mosul, 2 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka saat petugas keamanan Irak menembaki pengunjukrasa yang mencoba menerobos kantor Gubernur di Mosul. Para demonstran merusak bangunan dan membakar perlengkapan-perlengkapan yang ada di dalamnya.

Selanjutnya di kota Hawijah, yang terletak di barat Kirkuk, tiga demonstran tewas dan 12 lainnya luka-luka saat petugas keamanan Irak menembaki demonstran saat para demonstran melempari polisi dan tentara dengan batu. Menurut kapten tentara Irak, Mohammed al-Angood, para demonstran sebelumnya juga membakar gedung-gedung pemerintahan.

Demo juga berlangsung di Baghdad, Falluja, Ramadi dan dua kota di Provinsi Salaheddin.

Dalam aksinya, para demonstran memprotes korupsi dan buruknya sejumlah layanan mendasar termasuk sistem pendidikan dan kesehatan di negeri itu.

“Kami di sini untuk perubahan guna memperbaiki situasi negeri ini. Sistem pendidikan buruk. Sistem kesehatan juga buruk,” cetus seorang demonstran Irak, Lina Ali (27).

“Tak ada air yang bisa diminum, tak ada listrik. Pengangguran bertambah, yang bisa mendorong kaum muda mengarah ke aktivitas teroris,” cetus wanita berumur 27 tahun itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: