Stt… Itu Hanya untuk Bujangan!


 

JAKARTA, KOMPAS.com Upah minimum provinsi (UMP) Jakarta tahun 2011 sebesar Rp 1.290.000 hanya berlaku untuk karyawan yang belum berkeluarga. Pekerja yang sudah berkeluarga harus menerima upah lebih tinggi dari UMP yang ditetapkan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta Deded Sukendar mengungkapkan hal tersebut saat menjelaskan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 196 Tahun 2010 tentang Upah Minimum Provinsi 2011 di Balaikota Jakarta, Jumat (26/11/2010) sore.

Deded mengatakan, UMP hanya diberlakukan untuk karyawan yang masih lajang dan memiliki masa kerja 0-12 bulan. “Yang sudah berkeluarga maupun yang bekerja 12 bulan lebih satu hari dan seterusnya tidak dikenakan UMP tapi harus lebih dari itu. Lebihnya berapa, itu tergantung perjanjian serikat pekerja dan perusahaannya,” kata Deded.

Ketua Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Jakarta Mas Muanam menegaskan, UMP Jakarta 2011 tersebut belum termasuk tunjangan transportasi dan uang makan. Jika unsur-unsur tunjangan itu sudah dimasukkan, maka karyawan dapat memperoleh upah lebih besar dari kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar Rp 1.401.829.

Mas Muanam menambahkan, perusahaan yang tidak mengikuti penetapan UMP tersebut bisa dikategorikan melakukan kejahatan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, perusahaan yang melakukan kejahatan kerja tersebut dapat dikenai sanksi kurungan penjara selama 1 sampai 4 tahun atau denda sebesar Rp 100 juta hingga Rp 400 juta.

Perusahaan yang tidak sanggup membayar karyawannya sesuai UMP diberi kesempatan mengajukan penangguhan UMP kepada Disnakertrans. Namun, tidak semua perusahaan mendapat persetujuan penangguhan UMP.

Pada 2008, delapan perusahaan mengajukan penangguhan UMP dan hanya tiga perusahaan yang disetujui. Tahun 2009, ada enam perusahaan yang keberatan dan keenamnya disetujui menangguhkan UMP.

Tahun ini ada enam perusahaan yang mengajukan penangguhan. Namun, hanya dua perusahaan yang diperbolehkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: