Renault Siapkan Baterai 240 km untuk Zoe


 

PARIS, KOMPAS.com – Kendati baru diluncurkan pertengahan 2012, mobil listrik Renault yang berukuran kompak (segmen-B), Zoe, diberitakan oleh Autocar pada 2015 akan menggunakan baterai li-ion yang bisa buat menempuh jarak 240 km untuk sekali isi atau cas. Saat ini Renault mengklaim, kemampuan baterai li-ion yang digunakan Zoe baru bisa buat menempuh jarak 160 km. Sama dengan aliansi Jepangnya, Nissan Leaf.
Peningkatan jarak tempuh sampai 50 persen karena Renault berhasil “mengembangkan bahan kimia” yang akan digunakan pada baterai li-ionnya. Saat ini Renault aktif mengembangkan kimia baterai. Kemungkinan campuran kimia yang diguankan adalah “seng-udara” atau “perak-seng”. Malah lebih hebat lagi, pada 2025 diperkirakan baterai mobil listrik bisa digunakan untuk menempuh jarak tempuh 480 km.

Renault menargetkan Zoe akan menjadi mobil listrik terlaris dengan menggunakan paket baterai li-ion dengan motor yang mampu menghasilskan tenaga 80 PS dan torsi 222 Nm. Kemampuan berakseleasi 0 -100 km/jam dalam 6,1 detik dan bisa dikebut pada kecepatan tertinggi 135 km/jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: