Kompas Gramedia Cyclist Raih Penghargaan


 

JAKARTA, KOMPAS.com –  Perkumpulan hobi sepeda Kompas Gramedia Cysclist (KGC) meraih penghargaan dari majalah SWA sebagai salah satu komunitas yang mampu memberi inspirasi kepada perusahaan atau The Inspirer Community pada kegiatan Indonesia Consuminity 2010.

Keberadaan komunitas karyawan ternyata mampu mendukung fungsi perusahaan baik untuk fungsi pemasaran, kehumasan, operasional, sumber daya manusia maupun fungsi keuangan.

Penghargaan diterima Ketua KGC, Agung Hartanta, di Hotel Sangri-La Jakarta, Selasa (16/11). Majalah bisnis SWA sebelumnya telah melakukan survei bersama Prasetiya Mulya Bussiness School (PMBS) terhadap berbagai komunitas yang ada.

Selain KGC, penghargaan serupa diraih Komunitas Karyawan Pesepeda Bank Syariah Mandiri, Komunitas Karyawan Pesepeda Bappenas, dan Komunitas Karyawan ANZ.
Menurut Dr Eka Ardianto, Faculty Member PMBS, sebagaimana dikutip Majalah SWA edisi 24 November 2010, empat komunitas karyawan tersebut memenuhi syarat sebagai “organisasi” yang telah menginspirasi siapapun termasuk perusahaan.

Tiga indikator yang dijadikan penilaian, yakni memiliki ritual (kegiatan), nilai-nilai moral dan kebersamaan serta mempunyai anggota lebih dari 100 orang.

Menurut Agung Hartanta, kegiatan KGC sebenarnya senang-senang. Tidak ada unsur bisnis atau tujuan apapun. Namun walaupun berangkat dari kegiatan hobi sepeda, ujar Agung, banyak program yang dilakukan kelompok usaha Kompas Gramedia yang melibatkan KGC.
Misalnya, Green Festival yang dilakukan tiap tahun sejak tahun 2008, selalu melibatkan KGC. Tidak hanya itu, kegiatan sepeda yang diselenggarakan oleh sejumlah unit bisnis di lingkungan KG juga melibatkan KGC. Keberadaan komunitas karyawan ternyata mampu mendukung fungsi perusahaan baik untuk fungsi pemasaran, kehumasan, operasional, sumber daya manusia maupun fungsi keuangan.

Menurut Prof Dr Agus W.Soehadi, dari PMBS, komunikasi antarkaryawan lebih bagus dalam komunitas. Sekat-sekat antar divisi bisa cair.  “Ini yang dibilang sebagai strategi bisnis bersama komunitas,” ujar Agus Soehadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: