Erupsi Merapi Masih Berlanjut Hingga Malam Ini


KLATEN – Erupsi atau fenomena keluarnya magma dari dalam bumi sepertinya akan terus terjadi dari puncak Gunung Merapi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) melansir erupsi akan terus terjadi sampai malam ini.
Kepala Seksi BPPTK  Sri Sumartie menjelaskan, erupsi yang terjadi sejak 14.44 WIB hingga malam ini masih terjadi.

“Interval antara erupsi yang satu dengan lainnya sekira 90 menit,” kata Sri saat dikonfirmasi okezone di Jakarta, Rabu (3/11/2010).

BPPTK beralasan keluarnya magma tersebut akibat tingginya aktivitas gunung teraktif di dunia ini. Atas imbauan tersebut, warga diminta untuk mengungsi di posko dan berada lebih dari 10 kilometer.

Sehingga di dalam radius kurang dari 10 meter tersebut, harus dikosongkan dan bebas dari makhluk hidup. Ini dilakukan agar tidak terjadi korban jiwa ketika awan panas menerjang wilayah tersebut.

Sementara itu, erupsi pada Rabu sore ini terlihat terbesar sejak meletus pada 26 Oktober lalu. Sehingga petugas harus ekstra kerja keras untuk mengungsingkan warga.

Bahkan tim evakuasi diberi hak untuk mengevakuasi paksa warga yang masih berada di dalam rumah. Sementara itu, banjir lahar dingin juga mulai terjadi di Kali Woro.

BPPTK pun mengimbau agar warga yang tinggal di pinggiran sungai untuk tidak mendekat dan tetap waspada. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa akibat banjir lahar dingin ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: