Larangan ke LN Belum Ada Realisasinya


 

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR Anis Matta mengatakan, kebijakan melarang para anggotanya mengikuti kunjungan ke luar negeri merupakan hak masing-masing partai. Akan tetapi, hingga hari ini, Pimpinan Dewan belum menerima surat resmi terkait pelarangan tersebut.

Sejak kunjungan ke luar negeri mendapat sorotan, tiga partai melarang anggota fraksinya di DPR untuk mengikuti kegiatan tersebut, yakni Fraksi PAN, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Partai Golkar.

“Harus (di)bedakan antara pilihan pribadi anggota dan fraksi. Tapi jika ada di antara fraksi yang melarang anggotanya, itu kebijakan yang bagus. Hanya saja, pimpinan belum menerima surat resmi mengenal hal itu. Baru Fraksi PAN di sidang paripurna,” kata Anis, Senin (1/11/2010).

Fraksi PAN pada Sidang Paripurna pekan lalu menyampaikan sikap resmi melarang semua anggotanya untuk turut dalam rombongan lawatan ke luar negeri. “Bagi Dewan, tidak ada masalah. Semua baru statement media, belum ada surat resmi ke pimpinan,” katanya.

Ia mencontohkan, meskipun sudah ada larangan, anggota Dewan asal Fraksi PAN dan Fraksi Partai Golkar masih ada yang mengikuti kunjungan kerja ke Italia dan China. “Jadi belum ada implementasinya,” kata Sekjen PKS ini.

Ke depan, Dewan akan melakukan evaluasi atas format kunjungan kerja dengan merevisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Perubahan yang, menurut Anis, harus dilakukan adalah mengubah pandangan yang selama ini berbasis merujuk pengalaman negara lain ke basis riset. “Kalau basis riset belum ada, kita tidak bisa tinggalkan benchmarking,” ujar Anis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: