Ganti Bendera Posko dengan Merah Putih


 

SLEMAN, KOMPAS.com — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta bendera-bendera instansi, organisasi, dan elemen masyarakat lainnya yang ada di posko relawan bencana Gunung Merapi untuk diturunkan dan diganti dengan bendera Merah Putih.

Kalau bukan Merah Putih lebih baik bendera-bendera itu diturunkan, dan jangan dipasang lagi.

“Kalau bukan Merah Putih lebih baik bendera-bendera itu diturunkan, dan jangan dipasang lagi,” kata Sultan di Posko Utama Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Sleman di Pakem, Senin (1/11/2010).

Menurut dia, jangan sampai masyarakat yang ada di pengungsian akibat bencana Gunung Merapi ini justru merasa dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi, instansi maupun elemen lainnya. “Janganlah hanya mementingkan kelompoknya, kalau mau membantu harus ikhlas dan jangan ada pamrih,” katanya menegaskan.

Sultan juga mengemukakan, untuk aliran bantuan dari masyarakat tersebut juga sangat dilematis apakah harus lewat posko utama atau langsung ke masing-masing barak pengungsian.

“Ini memang dilematis, nanti kalau lewat posko terasa terlalu birokratis, tetapi jika langsung ke pengungsi juga tidak akan terkoordinasi dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Ia mengatakan, pihaknya juga menyesalkan adanya perintah yang tidak jelas untuk memindahkan barak pengungsian di Desa Glagaharjo untuk turun.

“Ini perintah dari siapa, ini kan hanya akan membuat para pengungsi semakin susah karena mereka harus repot mengemasi barang bawaan, belum lagi untuk menyediakan fasilitas baik logistik maupun MCK dan dapur umumnya,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: