NASA Waspada Serangan Asteroid Headline


INILAH.COM, Berlin – Negara di seluruh dunia diminta bekerja sama mencegah asteroid atau batuan raksasa yang sangat potensial menabrak Bumi.
NASA telah melacak lebih dari 7 ribu objek di dekat bumi, yang memiliki ukuran sangat besar. Sekitar 1.157 diantaranya ternyata berpotensi picu kerusakan besar di Bumi.

Mantan astronot NASA Thomas D. Jones mengatakan, terkait potensi tabrakan bumi dengan asteroid, tidak dapat menarik kesimpulan apa yang akan terjadi di masa depan. “Ini bisa terjadi di tempat yang salah dan mematikan. Namun, kita sudah memiliki teknologi untuk mencegahnya,” ujar Jones.

Bagi para ahli, asteroid dianggap membahayakan kehidupan manusia, terutama jika berada di sekitar 4,6 juta mil dari orbit Bumi. Namun, NASA mengatakan belum ada obyek luar angkasa saat ini yang benar-benar dekat dan besar untuk dikhawatirkan.

Jones mengatakan hal ini di pusat operasional European Space Agency di Darmstadt, Jerman. Di sana, mantan astronot NASA dan beberapa ilmuwan dari berbagai lembaga luar angkasa di seluruh dunia berkumpul untuk mencari penyelesaian masalah keselamatan Bumi.

Jones dan rekannya mengusulkan adanya kelompok yang melibatkan lembaga antariksa di seluruh dunia untuk menjadi pusat sumber daya pencegahan dampak asteroid. Selain menginformasikan ancaman publik seluas mungkin.

Russell Schweickart, mantan astronot Apollo 9, membandingkan ancaman asteroid dengan puing luar angkasa yang sempat menabrak Stasiun Luar Angkasa Internasional. Padahal, jika diketahui lebih awal, kejadian tersebut sebenarnya dapat dicegah.

“Kita tidak bisa menggerakkan bumi, tapi kita bisa mengubah orbit asteroid,” tutup Schweickart.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: