ITB Gelar Kontes Robot Cerdas


INILAH.COM, Bandung Jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar kontes robot cerdas atau Galelobot (Ganesha Line Follower Robot) 2010 Ke-4.
Kontes antarmahasiswa yang digelar pada 4-5 November 2010 itu akan diikuti 150 tim dari 30 perguruan tinggi di Indonesia. Peserta awak menampilkan robot dengan kemampuan dasar line follower atau bergerak pada rute datar berliku dan menanjak, dengan teknologi memakai sensor optic sebaga mata robot.

Ketua Panitia Galelobot 2010 ITB, Gandi Bestari mengatakan, setiap tim peserta maskimal harus menampilkan dimensi robot ukuran panjang 22cm, lebar 22cm, lebar 22cm dan berat maksimal 3,3 kilogram.

“Syarat utama, sistem program mikrokontrol robot yang diajukan peserta tidak boleh berasal program bawaan hasil membeli, tapi harus hasil kreativitas peserta. Bahkan sensor robot untuk mencari rute jalan yang ditentukan hanya diperbolehkan memakai sensor optik,” ujarnya di Bandung, Kamis (28/10/2010).

Rute arena jalan yang ditentukan juri dapat dilihat peserta sejak awal lomba. Kecuali, pada final, rute jalan robot hanya boleh diketahui satu jam sebelum final dimulai. Artinya, tim finalis hanya punya waktu satu jam untuk memprogram robot mereka agar bisa mengatasi rute jalan yang ditentukan.

“Ke-150 tim itu dari 30 perguruan tinggi di Indonesia, dipastikan hadir mengikuti kontes tahunan dalam rangka HUT Ke 60 Teknik Fisika ITB,” tandas Gandi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: