Alonso: Brasil Bukan Penentu Juara Dunia


 

KOMPAS.com — Fernando Alonso berada dalam posisi paling menguntungkan untuk menyabet gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2010 karena unggul 11 poin atas lawan terdekatnya dari tim Red Bull Racing, Mark Webber, yang menguntitnya. Bahkan, pebalap Ferrari ini punya peluang besar menyegel trofi paling bergengsi tersebut di GP Brasil pada 7 November mendatang.

Sebenarnya saya memiliki kenangan yang indah di trek ini karena di sinilah saya menyegel dua gelar juara duniaku pada tahun 2005 dan 2006.

Ya, jika di Sirkuit Interlagos nanti Alonso bisa menjadi juara, maka nilainya sudah hampir tak mungkin terkejar oleh para lawannya—apalagi jika Webber gagal finis. Inilah yang membuat Alonso diprediksi akan memastikan diri meraih gelar juara tersebut sebelum seri terakhir di Abu Dhabi, 14 November.

Namun, Alonso menepis anggapan tersebut. Pebalap Spanyol ini menegaskan, dia tidak akan mengubah pendekatannya pada balapan nanti, dan hanya berpikir bahwa perebutan gelar juara dunia akan tetap sengit hingga seri terakhir di Sirkuit Yas Marina.

“Sebenarnya, saya memiliki kenangan yang indah di trek ini karena di sinilah (Interlagos) saya menyegel dua gelar juara duniaku pada tahun 2005 dan 2006,” ujar mantan pebalap Renault dan McLaren tersebut.

“Setiap kali saya pergi ke Sao Paolo, rasanya sangat spesial dan atmosfernya pun menyenangkan. Saya tidak ingin berpikir tentang peluang mengulangi sejarah untuk ketiga kalinya. Saya tahu bahwa secara teori bisa, tetapi itu tak masuk dalam hitungan saya.”

“Kami ingin menyelesaikan balapan ini dengan cara yang sama seperti lainnya, konsentrasi pada kami sendiri dengan tetap berpijak di atas tanah, berusaha melakukan pekerjaan dengan baik, tanpa membuat banyak kesalahan dan dengan target mengalahkan semua lawan. Saya sudah mengatakan sebelumnya, dan saya mengatakan lagi: kami akan melakukannya sampai Abu Dhabi.”

Alonso mengakui, sistem poin baru yang berlaku sekarang membuat segala kemungkinan bisa terjadi. Karena itu, perbedaannya dengan Webber dirasa tidak terlalu besar sehingga dirinya tak boleh teledor. Hanya saja, Alonso merasa cukup tenang dengan selisih tersebut.

Tinggalkan Balasan

