PS Unpar Promosi Indonesia di London


LONDON, KOMPAS.com–Kelompok Paduan Suara Mahasiswa dari Universitas Parahyangan (PSM Unpar) mempersembahkan konser lagu-lagu daerah dari berbagai suku yang ada di Indonesia di Museum Horniman, London.

Musuem yang berada di tenggara Kota London yang biasanya sunyi dan tenang dipenuhi dengan suara nyanyian dan tepuk tangan yang meriah dengan digelarnya acara A Taste of Indonesia di Gallery Hall Museum tersebut.

Sektetaris satu KBRI London Novan Ivanhoe Saleh, kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan acara A Taste of Indonesia tersebut diadakan dalam rangka memperkenalkan seni budaya Indonesia yang beraneka ragam kepada masyarakat umum di Inggris.

Acara diadakan KBRI London bekerjasama dengan Horniman Museum tersebut secara khusus menampilkan kelompok Paduan Suara Mahasiswa dari Universitas Parahyangan (PSM Unpar) yang telah mempersembahkan konser lagu-lagu daerah dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Konser PSM Unpar tersebut antara lain membawakan lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua, Janger dari Bali, O Ina Ni Keke dari Sulawesi Utara, Cingcangkeling dari Jawa Barat, Tari Saman dari Aceh yang disajikan secara atraktif dengan tari dan koreografi yang menarik.

Keindahan lagu-lagu serta berbagai tarian yang dipersembahkan dalam acara tersebut memperoleh apresiasi yang amat sangat baik dari penonton dan pengunjung Horniman Museum, yang bertepuk tangan meriah setiap selesai satu lagu.

Selain itu antusiasme pengunjung juga tampak dari banyaknya berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para pengunjung di meja promosi potensi ekonomi dan pariwisata Indonesia yang digelar KBRI London di museum tersebut.

Tidak kurang dari 200 pengunjung memenuhi gallery hall di Museum yang kebanyakan keluarga-keluarga yang berwisata ke Horniman Museum, serta sejumlah murid dari beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah yang ada di sekitar Horniman Museum.

Selain itu, acara tersebut juga diadakan sebagai bagian dari publikasi rencana pameran budaya Bali yang akan diadakan di Horniman Museum pada tahun 2011, bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia dan KBRI London.

Sebagai salah satu paduan suara mahasiswa terbaik di Indonesia, kehadiran PSM Unpar di Inggris telah memperoleh pengakuan yang cukup terhormat melalui kemenangan mereka pada Llangollen International Music Eisteddfodd (festival) .

Dalam festival tersebut PSM Unpar berprestasi sebagai Juara I pada kategori Folk Song Competition serta Juara II pada kategori Mixed Choir Competition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: