Robben: Main Cantik? Ah, Nggak Penting!


INILAH.COM, Johannesburg – Tuntutan menang memang berada di atas segalanya. Bahkan permainan cantik pun akan dikorbankan demi raihan gelar bersejarah, demikian diakui Arjen Robben.

Pemain sayap Bayern Munchen ini akan menjadi andalan Belanda saat menghadapi Spanyol di final yang akan digelar hari Senin dini hari (12/7) WIB. Ia tak peduli apakah Belanda akan bermain cantik atau licik, yang penting menang.

Ujarnya dikutip The Sun, “Saya lebih suka bermain jelek tapi menang, daripada main cantik tapi kalah. Kami akan selalu mengandalkan permainan yang terorganisir dan dari situ kami akan mulai mencari kemenangan.”

Banyak yang membandingkan permainan Oranje saat ini dengan era keemasan Total Football yang diusung Johan Cruyff dan Johan Neeskens di era ‘70an. Saat ini permainan Belanda jauh lebih pragmatis, namun Robben tak peduli.

“Kami sedang berada di final Piala Dunia, jadi tak peduli bagaimana kami bemain. Tentu saja kami berharap memainkan sepak bola indah jika bisa, tetapi di atas segalanya kemenangan yang lebih penting,” tegasnya.

Tak hanya gaya main yang dinafikan Robben, bahkan rekan setim yang bermain di negara lain pun sudah tak lagi dianggapnya di gelaran sepak bola terakbar ini.

“Itu semua tidak penting. Saya tidak mau mencari teman, saya hanya ingin menjadi juara dunia,” ucap Robben.

Robben, yang rentan cedera sejak membela Chelea, sebelum pindah ke Real Madrid dan Munchen, mengaku masih belum pulih benar sejak menderita cedera hamstring jelang Piala Dunia digelar.

Ia menjalani perawatan khusus selama di Afrika Selatan, ungkapnya, “Anda selalu ingin menampilkan yang terbaik di final Piala Dunia melawan Spanyol tetapi saya tidak sedang berada di puncak kebugaran saya.”

“Meski saya bisa bermain, saya tak pernah benar-benar bebas dari rasa sakit. Untungnya kian hari kian membaik, meski belum sempurna. Saya akan mencoba mengeluarkan kemampuan terbaik sebisa mungkin,” pungkas pemain berusia 26 tahun ini.

Tinggalkan Balasan

