“Si Jomblo” (Sempat) Tersandung Diplomasi


KOMPAS.com — Sendirian selama 10 bulan tanpa pasangan memang menyakitkan. Kalau bisa berbicara bahasa manusia, boleh jadi seekor gajah jantan di Kebun Binatang Raya Seoul bakal “curhat”.

Ceritanya begini. Kebun binatang terbesar di Korea Selatan itu cuma mempunyai seekor gajah jantan. Maka, sejak setahun lalu, dimulailah pencarian betina untuk dijadikan pasangan sekaligus sebagai penerus generasi. Asal tahu saja, di seluruh kebun binatang Korsel cuma ada tiga ekor gajah betina. Sialnya, ketiganya sudah tak memenuhi syarat untuk berkembang biak.

Alhasil, pencarian lalu diarahkan ke luar Korsel. Namun, pilihan itu bukan barang gampang. Soalnya, Korsel meneken peraturan bertajuk Konvensi Internasional tentang Perdagangan Hewan Langka (CITIES). Makanya, jual-beli hewan langka, bahkan untuk tujuan regenerasi berbenturan dengan peraturan itu.

Tak kehabisan akal, pihak Korsel lalu menjalin hubungan dengan Kamboja sebagai salah satu habitat dengan populasi gajah lumayan banyak. Cuma, tantangannya adalah, kedua pemerintahan mesti berdiplomasi panjang lebar demi memperoleh betina asal Kamboja. Mau tak mau, si jantan mesti “menjomblo” 10 bulan lamanya!

Kesabaran pun berbuah hasil. Seperti catatan Yonhap, Kamis (8/7/2010), Perdana Menteri Kamboja Hun Sen akhirnya setuju mendonasikan sepasang gajah, termasuk di dalamnya seekor betina berusia 27 tahun.

Tanpa banyak basa-basi, Korsel segera memberangkatkan pesawat angkut milik angkatan udaranya, Hercules C-130, ke Kamboja. Dijadwalkan, gajah-gajah bakal tiba di Seoul setelah seharian menempuh perjalanan udara tersebut. “Gajah-gajah pendatang baru itu akan diperkenalkan ke publik secepatnya dalam bulan ini,” demikian sumber dari kebun binatang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: