Apple Akui Pencurian 400 Akun Pengguna iTunes


JAKARTA, KOMPAS.com — Apple mengaku telah memblokir developer asal vietnam, Thuat Nguyen, dalam kasus pencurian akun sejumlah pengguna iTunes akhir pekan lalu. Menurut Apple, Thuat Nguyen diidentifikasi menyusup ke sekitar 400 akun pengguna iTunes dan memanfaatkan kartu kredit tersebut untuk mendongkrak aplikasi-aplikasi buatannya.

Dalam kasus ini, 42 aplikasi buatan Thuat Nguyen masuk dalam 50 besar aplikasi dalam kategori buku terlaris di iTunes. Apple telah menghapus semua aplikasi tersebut dan memblokir developer asal Vietnam itu dari daftar iTunes.

“Atas pelanggaran atas Perjanjian Lisensi Program termasuk pola pembelian secara curang, Apple telah menghapus developer dan aplikasinya dari toko iTunes,” ujar Apple seperti dilansir BBC, Rabu (7/7/2010).

Kasus penipuan ini membuat tingkat keamanan iTunes menjadi sorotan banyak orang. Akibat kasus penipuan yang terjadi, Apple menyatakan telah memperketat sistemnya agar tidak terjadi hal yang serupa.

Dengan adanya insiden ini, para pengguna iTunes diminta segera menghubungi bank dan mengganti password mereka. iTunes juga menerapkan keamanan lebih berlapis dengan meminta pengguna memasukkan nomor keamanan kartu kredit berkali-kali saat melakukan transaksi.

Thuat Nguyen kemungkinan mencuri data para pengguna iTunes dengan cara phising, yakni menyediakan halaman web yang mirip dengan iTunes untuk menjebak informasi penting, seperti data kartu kredit dan password. Namun, Apple memastikan serangan tersebut hanya dialami 400 orang dari 150 juta pengguna iTunes di seluruh dunia. Tak ada pernyataan apakah Apple juga akan ikut menanggung kerugian yang telah dialami para korban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: