Bert van Marwijk: Kami Memilih Jadi Underdog


CAPE TOWN – Pelatih Belanda, Bert van Marwijk memilih menjadi underdog dari pada menjadi tim yang difavoritkan saat mereka bertemu Uruguay di semi final.

Bintang-bintang Belanda memiliki catatan 100 persen di Afrika Selatan dan memenangkan delapan pertandingan kualifikasi, namun Van Marwijk mengatakan ia hanya berfokus pada pertandingan berikutnya.

“Pada fase grup, kami selalu difavoritkan, tidak pernah tidak. Melawan Brasil (perempat final) itu kebalikannya,” katanya.

“Saya benar-benar tidak memiliki pendapat tentang itu. Kami hanya ingin berkonsentrasi pada diri kami sendiri, kami tidak ingin disesatkan atau terganggu oleh pikiran orang-orang bahwa kami favorit.”

Banyak orang meyakini bahwa Belanda mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan akan menghancurkan harapan Uruguay.

Sementara bek Ajax, Gregory van der Wiel dan pemain Manchester City, Nigel de Jong tidak akan bermain karena mendapat skorsing namun Van Marwijk masih memiliki tim yang bertabur bintang.

Punggawa Bayern Munich, Arjen Robben dan bintang Inter Milan, Wesley Sneijder adalah pemain-pemain berbahaya, tetapi jangan lupakan pemain sayap Liverpool, Dirk Kuyt.

Striker Arsenal Robin van Persie telah pulih dari cedera dan tim selalu bisa mengandalkan kapten Giovanni van Bronckhorst yang sangat berpengalaman.

“Van Bronckhorst bisa bermain di mana saja, kiri, kanan, di tengah, tidak masalah. Dia adalah pemain hebat untuk tim anda,” kata pelatih.

“Wesley juga memainkan turnamen dengan sangat baik dan kami memiliki pemain lain yang sama bagusnya, tapi dia terbukti sangat tajam, sangat cocok dan ia menunjukkan permainan 100 persen dari hari pertama.

“Kuyt adalah pemain lain yang sangat penting bagi kami dan akan selalu memberikan bantuan kepada pemain lain. Dia mempunyai gairah dan antusiasme yang besar. Saya sangat senang dengan dia.”

Meskipun banyak memiliki pemain brbakat, Belanda mendapat banyak kritikan karena tidak bermain cantik selama Piala Dunia.

Tapi Van Bronckhorst mengatakan tim Belanda berada di Afrika Selatan untuk memenangkan Piala Dunia.

“Di setiap permainan anda ingin bermain dengan baik. Tapi hal yang paling penting sekarang adalah kami memenangkan pertandingan,” kata Van Bronckhorst.

“Di masa lalu, kami sudah bermain cantik tapi kemudian kalah, kali ini kami lebih dekat dan penuh keyakinan.”

“Tentu saja, kami ingin menang dengan sepak bola indah, tetapi lebih penting lagi kami memenangkan pertandingan. Tim ini selalu ingin bermain sepakbola yang baik, tapi kadang-kadang tidak mungkin.”

Dia menambahkan bahwa sulit untuk bermain dengan permainan ‘total football’ ciri khas Belanda karena turnamen sudah mencapai babak seperempat final, dan Uruguay adalah tim yang kuat.

“Ini menjadi sulit karena kami berada dalam semi final, lawan kami akan sulit,” katanya.

“Jika kami menang dengan sepak bola indah, bagus, tapi kami akan lebih bahagia dengan kemenangan.”

Jika Belanda melewati laga hari selasa maka mereka akan bertemu pemenang laga antara Jerman dan Spanyol di babak final yang akan tanggal 11 Juli di Johannesburg.

Van Marwijk mengatakan ia tidak peduli lawan mereka berikutnya, mereka hanya fokus pada pertandingan melawan Uruguay.

“Itu tidak masalah bagi saya, suatu akhir adalah final. Yang paling penting adalah untuk mencapai final dan kami tidak akan berhenti sebelum mencapai final,” jelas Van Marwijk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: