Rusia: Tuduhan AS Tak Berdasar


MOSKOWA, KOMPAS.com – Rusia, Selasa (29/6), mengatakan, tuduhan Amerika Serikat (AS) bahwa aparat negara itu telah menangkap satu jaringan besar mata-mata Rusia, beberapa hari setelah Presiden Dmitry Medvedev bertemu Barack Obama di Washington, sangat tidak beralasan dan tidak pantas. Pemerintah AS, Senin, mengatakan, telah menahan 10 orang yang dicurigai sebagai mata-mata yang telah merekrut sumber-sumber politik dan mengumpulkan informasi bagi pemerintah Rusia.
“Tindakan (AS) tersebut tidak memiliki dasar dan tidak pantas,” kata Departemen Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters. “Kami tidak mengerti apa yang dimaui Departemen Kehakiman AS dengan membuat pernyataan publik dalam semangat spionase Perang Dingin.”

Pemerintah AS menuduh 11 orang yang bekerja di negara itu telah merekrut sumber-sumber politik dan mengumpulkan informasi bagi pemerintah Rusia. Menurut file di pengadilan federal AS, orang-orang itu dituduh mengumpulkan informasi mulai dari program-program penelitian di bidang-bidang yang tergolong kecil, hingga tentang hulu ledak nuklir berpenetrasi tinggi, pasar emas global dan mencoba untuk mendapatkan latar belakang orang-orang yang bekerja di Central Intelligence Agency (CIA).

Departemen Kehakiman menuduh mereka beroperasi di bawah perintah badan SVR Rusia sebagai ‘ilegal’; suatu istilah yang diterapkan dalam dunia intelijen terhadap agen yang menyusup untuk hidup dan beroperasi dengan identitas palsu, untuk membedakannya dengan petugas yang menggunakan kedok diplomatik atau kedok legal yang lain.

Pihak berwenang mengatakan, 10 orang itu ditangkap hari Minggu di Boston, New York, New Jersey dan Virginia atas tuduhan termasuk persekongkolan untuk bertindak sebagai agen Federasi Rusia dan pencucian uang.

Moskowa telah berulang kali menuduh Barat masih melakukan tindakan
mata-mata terhadap Rusia meski Perang Dingin berakhir. Sebaliknya, negara-negara Barat juga mengeluhkan aktivitas mata-mata Rusia, terutama dalam bidang komersial dan ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: