Wah, Orangutan Memangsa Kukang…


KUTACANE, KOMPAS.com — Para peneliti di Stasiun Penelitian Ketambe, Aceh Tenggara, menemukan perilaku orangutan (Pongo pygmaeus Abelii) yang berbeda dengan perilaku spesies ini di tempat lain. Para peneliti menemukan satu orangutan sedang memangsa kukang (Nyticebus coucang).

Kepala Stasiun Peneliti Ketambe M Isa, saat ditemui di Ketambe, akhir pekan lalu, mengatakan, kemungkinan perilaku seperti ini adalah perilaku yang sudah ada sejak dahulu. “Namun, tidak pernah teramati oleh para peneliti,” tuturnya.

Menurut catatan Stasiun Penelitian Ketambe, orangutan yang memangsa kukang adalah Yet. Orangutan betina berusia sekitar 40 tahun itu dalam beberapa bulan ini diketahui sering memangsa kukang. Perilaku seperti ini, menurut Isa, semakin sering dalam beberapa bulan ini.

Usman Seunada, salah seorang staf stasiun penelitian bidang botani, menjelaskan, kejadian sama pertama kali dilihatnya pada tahun 1985. Namun, ia tidak tahu apakah orangutan betina itu menangkap kukang dalam kondisi hidup atau dalam kondisi lainnya. Ada kemungkinan orangutan betina ini menangkap kukang yang tak banyak bergerak.

Isa menerangkan, Yet bukanlah orangutan betina yang pertama kali diketahui memangsa kukang. Sebelumnya, pihak stasiun pernah mencatat orangutan lainnya, Get, juga memangsa kukang. Namun, saat ini hanya Yet yang masih hidup. “Yet betina dominan di kawasan ini.”

Selama ini orangutan diketahui hanya memakan tumbuhan. Sebanyak 90 persen di antaranya berupa buah-buahan.

Yet, menurut Isa, memiliki tiga generasi keturunan. Ada kemungkinan perilaku yang sama menurun kepada keturunannya.

Perilaku orangutan seperti ini pernah dicatat dalam American Journal of Primatology pada tahun 1999. Kejadian seperti ini pernah terjadi pada 1981. Saat itu tujuh orangutan betina terlihat memakan kukang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: