Seniman Bali Berprestasi Pada Masanya Dapat Penghargaan


Denpasar (ANTARA) – Sepuluh seniman Bali yang dinilai berjasa terhadap penggalian, pelestarian dan pengembangan seni budaya Bali serta pernah mengalami kejayaan pada masanya memperoleh penghargaan dari Pemerintah Provinsi Bali.

“Penghargaan kepada seniman tua itu akan diserahkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Gedung Kesiarnawa Taman Budaya Denpasar nanti malam,” kata Kepala Seksi Perfilman dan Perizinan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Arcana di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, penghargaan dan hadiah uang masing-masing sebesar Rp6 juta itu terkait dengan pelakanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 yang berlangsung sebulan penuh, 12 Juni-10 Juli 2010.

Seniman tua utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali, sebelumnya melalui proses penilaian oleh satu tim dari berbagai unsur yang dibentuk oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Arcana menjelaskan, tim tersebut menilai berbagai aspek, antara lain menyangkut hasil kreativitas dalam bidang seni, kegigihan dalam mewariskan keahlian bidang seni kepada generasi berikutnya serta pengabdian dan jasanya terhadap pengembangan serta pelestarian seni budaya di Pulau Dewata.

Kesepuluh seniman yang mendapat penghargaan itu adalah Ida Bagus Rai Wijana (seni tari) dari Kabupaten Tabanan, Drs I Ketut Wijana (seni kerawitan) dari Kota Denpasar dan I Nyoman Rede (seni sastra) dari Kabupaten Jembrana.

Selain itu Desak Ketut Tirtawati (seni tari) dari kabupaten Klungkung, I Ketut Ruma (seni Sastra Daerah) dari Kabupaten Karangasem, I Made Gelomoh (seni kerawitan) dari Kabupaten Badung dan I Putu Selamat (seni kerawitan) dari kabupaten Buleleng.

I Wayan Narta (seni pedalangan) dari Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede anom Dangin ( (seni kerawitan) dari Kabupaten Bangli dan Ida Ayu Made Sugi (seni tari) dari Desa Sangeh, Kabupaten Badung.

Penyerahan penghargaan dan uang kepada seniman tua tersebut dimeriahkan dengan penampilan tarian klasik yang dibawakan oleh seniman-seniman muda, ujar Ketut Arcana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: