Mensos: Didik Anak Untuk Tidak Mudah Percaya


Bekasi (ANTARA) – Mensos Salim Segaf Al Jufri meminta kepada orang tua untuk mendidik anak mereka agar tidak mudah percaya pada orang lain, apalagi pada orang yang memiliki kelainan kejiwaan seperti bersikap keperempuan-perempuanan.

Hal itu disampaikan Mensos saat menyantuni keluarga Arion Sabro Oktavian Sirait (8), korban sodomi dan selanjutnya dibunuh oleh pelaku Fauzan (29) alias Yeyen dibantu rekannya zainal (25) alias Yenny, pada Sabtu dinihari (19/6) di rumah sekaligus tempat usaha pelaku yang berjarak 50 meter dari rumah korban.

Ia menegaskan, anak-anak merupakan figur yang polos dan bersih. Ia tidak akan berprasangka terhadap siapa pun hingga kejadian seperti dialami Arion dengan mudah terjadi.

Orang tua menurut mentri asal PKS harus memperhatikan anak-anak mereka. “Jangan sampai anak dilepas begitu saja dan setelah tidak pulang satu dua hari baru dicari,” ujarnya.

Ia mengatakan, waktu bermain bagi anak harus diberikan sewajarnya dengan pengawasan. Masyarakat juga diminta mantan Dubes RI di Saudi Arabia itu untuk peduli pada lingkungan sekitar seperti ada orang yang dicurigai harus segera dilaporkan kepada aparat kepolisian.

Menteri menegaskan, pihaknya akan memberikan atensi bagi anak-anak korban kejahatan, bagitu juga dengan kondisi kejiwaan orang tua yang kehilangan anak mereka.

Ia telah memerintahkan jajarannya untuk memberikan pendampingan bagi korban ataupun keluarganya agar perasaan traumanya bisa cepat dihilangkan.

Seorang pegiat LSM di Kota Bekasi, Teddy, menegaskan pihaknya akan terus menyuarakan kepada orang tua tentang pentingnya menjaga anak-anak mereka apalagi yang tinggal di perkampungan sangat padat dan banyak ditemui orang tidak dikenal.

Ia menegaskan, ada sebagian orang tua membiarkan anak-anak mereka bersosialisasi sendiri dengan lingkungannya sementara mereka sibuk mencari kebutuhan sehari-hari.

“Adanya kesempatan seperti itu mendorong terjadinya penyimpangan seksual apalagi diperkotaan masyarakat cendrung kurang peduli dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Pihaknya telah berkali-kali mengingatkan bahaya kejahatan seksual bagi anak termasuk bagi anak-anak jalanan yang dinilai paling rentan menghadapi perilaku bejat itu.

Satu Tanggapan

  1. Setuju, tanggung jawab orang tua untuk mendidik anak agar tidak mudah percaya kepada orang lain yang tidak dikenal, maksih infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: