NTB Optimalkan Semua Potensi Pendanaan “Islamic Center”


Mataram (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mengoptimalkan semua potensi pendanaan pusat Islam atau “Islamic Center” yang tengah dibangun di Mataram, Pulau Lombok.

“Semua potensi pendanaan akan dioptimalkan demi suksesnya pembangunan `Islamic Center` itu,” kata Kepala Biro Umum Setda Nusa Tenggara Barat (NTB) H Iswandi, di Mataram, Minggu.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan berbagai potensi pendanaan “Islamic Center” itu Pemerintah Provinsi NTB membentuk Panitia Penggalangan Dana dan Partisipasi Masyarakat untuk Pembangunan Islamic Center yang diketuai oleh KH M Zainul Majdi yang juga Gubernur NTB periode 2008-2013.

Majdi selaku Ketua Umum Panitia Panitia Penggalangan Dana dan Partisipasi Masyarakat untuk Pembangunan Islamic Center itu kemudian membentuk sekretariat panitia yang berbasis di lokasi pembangunan pusat Islam tersebut.

Sementara Iswandi selaku Kepala Biro Umum Setda NTB menjabat Sekretaris Panitia Panitia Penggalangan Dana dan Partisipasi Masyarakat untuk Pembangunan Islamic Center.

Menurut Iswandi sejauh ini panitia penggalangan dana “Islamic Center” sudah menempuh berbagai upaya seperti membuka rekening di delapan bank yang beroperasi di Kota Mataram untuk menampung sumbangan masyarakat.

Upaya lainnya adalah sumbangan sukarela dari kalangan PNS dan pegawai tidak tetap (PTT) di jajaran Pemprov NTB yang diprakarsai pengurus Korpri Provinsi NTB, melalui kebijakan pemotongan gaji atau tunjangan dan dana lainnya.

Namun semua PNS Setda NTB perlu mengisi formulir pernyataan kesediaan pemotongan gaji untuk kepentingan dana “Islamic Center” itu.

Formulir itu dilampirkan nilai sumbangan yang telah diklasifikasi sesuai usulan Dewan Pengurus Korpri Provinsi NTB, yakni pejabat struktural eselon I sebesar Rp200 ribu/bulan, eselon II sebesar Rp100 ribu/bulan, eselon III sebesar Rp75 ribu/bulan dan eselon IV sebesar Rp50 ribu/bulan.

Untuk pejabat fungsional golongan IV sebesar Rp40 ribu/bulan, golongan III sebesar Rp30 ribu/bulan dan golongan II sebesar Rp20 ribu/bulan.

Sementara untuk staf golongan IV sebesar 30 ribu/bulan, golongan III sebesar Rp20 ribu/bulan dan golongan II sebesar Rp10 ribu/bulan serta golongan I sebesar Rp5 ribu/bulan.

Jumlah PNS di jajaran Pemerintah Provinsi NTB sampai awal tahun 2010 tercatat sebanyak 8.700 orang.

Upaya penggalangan dana itu juga melibatkan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama agar bisa mengkoordinasikan pemotongan biaya perjalanan ibadah haji untuk kepentingan pembangunan “Islamic Center”.

Pemerintah Provinsi NTB menghendaki dilakukan pemotongan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) untuk pembangunan “Islamic Center” sekitar Rp50 ribu/orang agar bisa menghimpun dana puluhan juta rupiah setiap musim haji.

“Sekarang panitia tengah memikirkan cara penggalangan dana dari setiap penjualan produk air mineral di wilayah NTB, atau penjualan komoditas lainnya yang memungkinkan dikenakan donasi untuk kepentingan pembangunan `Islamic Center`,” ujar Iswandi.

Pembangunan “Islamic Center” di jantung Kota Mataram itu akan berlangsung dalam dua tahun sehingga diperkirakan paling lambat tahun 2012 NTB telah memiliki kawasan pusat Islam.

Saat ini sedang dirampungkan rencana detail atau yang dikenal dengan DED (detail engineering design) `Islamic Center` sebagai tindak lanjut dari hasil karya kelompok diskusi Puddezoe yang memenangi lomba “grand design” Islamic Center di Pulau Lombok.

Puddezoe mendesain sembilan elemen gedung pendukung “Islamic Center” atau hampir mendekati 12 fungsi keislaman antara lain tempat ibadah, perpustakaan, museum, pusat pendidikan, fasilitas olah raga termasuk kolam renang muslimah dan muslimin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: