Yunani Menang, Nigeria Kritis


Yunani meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia. Nigeria berpotensi tersingkir.

Yunani mengalahkan Nigeria 2-1 dalam laga kedua di Grup B, yang membuat Otto Rehhagel boleh berharap mencetak sejarah dengan membawa timnya lolos ke babak kedua. Nigeria tak berdaya menghadapi Yunani dengan sepuluh pemain, setelah Sani Kaita diganjar kartu merah menit ke-33.
Dimitrios Salpingidis menjadi pemain Yunani pertama yang mencetak gol di Piala Dunia. Gol dibuat ketika laga babak kedua memasuki menit ke-44. Sedangkan gol kedua tim dari negeri para dewa dibuat Vasilis Torosidis menit ke-71.

Nigeria seolah begitu perkasa ketika tembakan bebas Kulu Uche mengecoh semua orang di kotak penalti, termasuk penjaga wanga Yunani, dan menjadi gol menit ke-16.

Yunani bermain seperti ketika mereka meraih gelar Euro 2008, atau sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2010. Lini belakang mereka lebih kuat, dengan seluruh pemain bergerak naik menyerang dan turun bertahan dengan cepat.

Tidak terlihat lagi kelelahan akibat usia tua seperti ketika dikalahkan Korsel dua gol tanpa balas. Namun, kehilangan konsentrasi dalam 20 menit pertama harus dibayar Yunani dengan kebobolan lebih dulu menit ke-16.

Namun gol itu tidak membuat Yunani panik. Karagounis mengkoordinir serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan. Perlahan tapi pasti, mereka bisa menekan pertahanan Nigeria.

Mereka seolah bermain untuk balas dendam. Nigeria adalah salah satu tim yang mengalahkannya di Piala Dunia 1994, dengan dua gol tanpa balas.

Sampai menit ke-30 kedua tim saling serang. Yakubu Aiyegbeni, Peter Odemwingie, dan Kulu Uche, terus berupaya menambah gol. Yunani berupaya menyamakan kedudukan.

Situasi menjadi terbalik setelah Keita diganjar kartu merah menit ke-33. Keita mengangkat kaki, dan mengarahkannya ke lutut Torosidis. Wasit langsung mengganjarnya dengan kartu merah.

Nigeria limbung, dan mulai kerepotan menahan serangan Yunani.

Upaya keras Yunani membuahkan hasil. Menit ke-44, Salpingidis melepas tembakan keras dari kotak penalti. Bola menerapa kaki Lukman Haruna, dan masuk ke gawang Enyeama.

Di babak kedua, Yunani tampil dengan penuh percaya diri. Mereka menyerang dari semua posisi, melepas umpan ke kotak penalti untuk menciptakan kemelut. Akibatnya Enyeama jatuh-bangun mementahkan banyak tembakan pemain Yunani.

Menit ke-71, Enyeama melakukan kesalahan serius. Ia gagal menamgkap tembakan datar pemain Yunani, bola mental dari tangannya dan dimanfaatkan Torosidis memanfaatkannya menjadi gol.

Nigeria memiliki sejumlah peluang menyamakan kedudukan, tapi gagal dimanfaakan Yakubu, dan berkat penampilan gemilang. Enyeama juga beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, sampai akhirnya wasit meniup peluit akhir laga.

Pada laga ini, Yunani memperkenalkan pemain mudanyaya, Sotiris Ninis, yang menggantikan Teofanis Gekas di menit-menit akhir babak kedua.

Susunan Pemain

Yunani: Kyrgiakos, Vyntra, Papastathopoulos/Samaras, Torosidis, Papadopoulos; Tziolis, Katsouranis, Karagounis; Salpingidis, Gekas/Ninis.

Nigeria: Enyeama, Odiah, Shittu, Yobo, Taiwo/Echiejile/Afolabi; Etuhu, Haruna, Kaita; Yakubu, Odemwingie/Obasi, Uche.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: