Operator Antusias Pasok Akses Teleponi di Pesawat


Jakarta – Rencana salah satu maskapai nasional untuk menyediakan akses teleponi dasar dan internet di pesawat, disambut baik oleh sejumlah operator telekomunikasi. Mereka antusias dan berupaya menjajaki kemungkinan membuka lahan bisnis baru di udara.
Sejumlah operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchison CP Telecom (Tri), mengaku tertarik untuk menawarkan perangkat dan akses jaringan layanan yang mereka miliki.

“Itu masuk dalam wacana kerja sama kami ke depan,” ucap Deputy Corporate Secretary Telkomsel, Aulia Ersyah Marinto, kepada detikINET di Jakarta, Kamis (17/6/2010).

Hal yang sama juga diungkap oleh Group Head VAS and Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya, GM Mobile Data Marketing Services XL, Budi Hardjono, dan GM Marketing Product Tri, Hermansyah Haryono.

“Sedang kami jajaki dengan inflight infrastructure provider yang ada. Salah satunya dengan Aero Mobile yang kita sudah punya perjanjian roaming dengan mereka, baik SMS, voice, maupun GPRS,” kata Teguh.

Rencana untuk memberikan layanan telekomunikasi di pesawat tengah dikaji oleh maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. Layanan untuk teleponi dasar SMS dan internet itu akan dikembangkan mulai 2011 mendatang.

Bagi operator, peluang itu dilihat sebagai potensi pasar yang cukup menggiurkan. Sebab, dalam sehari saja ada ratusan ribu pelanggan yang terbang menggunakan moda transportasi udara di Indonesia.

Peluang ini dinilai Hermansyah sebagai upaya operator untuk menggenjot trafik dan ARPU (average revenue per users). “Kita pernah bahas tentang itu di internal. Tapi tidak spesifik dengan Garuda saja,” ujarnya.

Sementara menurut Budi, XL telah cukup lama menjadi mitra pemasok jaringan layanan telekomunikasi di Garuda Indonesia. “Kami sudah bermitra tapi untuk pemakaian di darat saja, belum yang di pesawat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: