Prediksi Salah (Melulu) Ala Pele


“Spanyol dan Brasil memiliki tim terbaik. Namun, sulit menunjuk secara spesifik siapa yang favorit juara. Brasil harus berada di level terbaik mereka. Ini akan sulit, tetapi mereka bisa melakukannya. Saya sendiri ingin melihat Brasil melawan satu tim Afrika di babak final,” kata legenda Brasil Pele.

Waduh… Pele sudah membuat prediksi. Waduh…. dia menyebut-nyebut Brasil dan Spanyol sebagai tim yang berpeluang besar menjuarai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Waduh…. dia mengaku ingin melihat Brasil melawan tim dari daratan Afrika di babak final. Waduh…

Lho kenapa banyak banget waduhnya?

Bukan apa-apa, soalnya prediksi Pele lebih banyak salahnya ketimbang benarnya. Sebagai pemain Pele memang hebat. Ia mengantar Brasil menjadi juara pada 1958, 1962 dan 1970. Tapi soal prediksi? Banyak salahnya. Setiap ia membuat prediksi hasilnya justru kebalikannya.

Mantan striker Tim Samba, Romario, suatu kali pernah berkata, “Pele lebih bijaksana jika menutup mulutnya.” Sementara Luiz Felipe Scolari yang mengantar selecao menjuarai Piala Dunia 2002 lebih galak lagi. “Saya percaya Pele tak tahu sama sekali soal sepak bola. Analisanya selalu salah. Jika Anda ingin memenangkan gelar, Anda dengarkan apa nasehat Pele, dan lakukan kebalikannya.”

Anda nggak percaya apa kata Romario dan Big Phil? Ini dia daftar prediksi salah dari pemain bernama asli Edison Arantes do Nascimento itu.

Piala Dunia 1990
Prediksi: “Italia tim paling favorit juara.”
Hasil: Italia kalah dari Argentina di semifinal dan Jerman Barat menjadi juara

Piala Dunia 1994
Prediksi: “Bagi saya Kolombia adalah tim hebat. Bukan berarti mereka akan juara tapi mereka akan jadi satu dari empat semifinalis. Brasil punya banyak pemain bagus, tapi sebagai tim mereka tidak terlalu kompak. Jerman lebih kompak.”
Hasil: Kolombia tersingkir di fase grup. Bek mereka yang membuat gol bunuh diri, Andres Escobar, ditembak pendukung Kolombia saat kembali. Jerman tersingkir di perempat final. Brasil juara.

Piala Dunia 1998
Prediksi: “Spanyol favorit utama, dan saya selalu percaya Brasil akan lolos ke sampai ke final. Prancis punya pemain yang bermain apik sebagai tim, tentu saja mereka di di kandang sendiri. Mereka punya peluang besar di final. Inggris punya manajer hebat, gaya indah, dan tim yang kuat.”
Hasil: Spanyol gagal lolos dari fase grup, Inggris tersingkir di babak 16 besar, dan Prancis mengalahkan Brasil di final

Piala Dunia 2002
Prediksi: “Brasil tidak sedang dalam kondisi bagus. Mereka bukan tim yang solid. Ada beberapa tim yang akan bersaing di papan atas — Argentina, Prancis, Italia dan Portugal. Di bawah empat tim teratas ini ada tim level dua yang akan menang dengan mudah seperti Jerman, Inggris dan Spanyol.”
Hasil: Argentina, Prancis dan Portugal tersingkir di babak grup. Italia didepak Korea Selatan di babak kedua dan Brasil juara.

Piala Dunia 2006
Prediksi: “Empat besar? Brasil, Argentina, Inggris, Prancis.”
Hasil: Inggris, Argentina dan Brasil semua kalah di babak perempat final. Sementara Italia bertemu Prancis dan menang adu penalti.

…dan yang paling terkenal?

Prediksi: “Negara Afrika akan menjadi juara dunia sebelm tahun 2000”
Hasil: Sampai saat ini tak ada satupun negara asal Afrika yang mampu lolos dari babak perempat final!

Trus, bagaimana dengan tahun ini? Bagaimana nasib Brasil dan Spanyol yang diprediksi Pele? Waduh…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: