Penderita HIV/AIDS di Denpasar 153 Orang


Liputan6.com, Denpasar: Sebanyak 153 dari 170 pasien yang berkonsultasi mengenai penyakit HIV/AIDS ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, dalam lima bulan terakhir divonis mengidap virus mematikan tersebut. “Rata-rata setiap bulan sekitar 19 hingga 37 pasien datang ke kami dan mengaku kerap berganti pasangan sehingga tertular penyakit mematikan itu,” kata Kepala Seksi Rawat Inap Penyakit Menular RUSP Sanglah dr Ida Ayu Miswaryati di Denpasar, Senin (14/6).

Ia mengatakan, jumlah pasien yang melakukan konseling mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, namun korban yang meninggal relatif menurun. Pasien HIV/AIDS yang meninggal umummnya masih berusia produktif yakni antara usia 20 tahun hingga 40 tahun.

Menurut dia, semua pasien yang berkonsultasi mengakui menjalani kehidupan seks dengan berganti-ganti pasangan atau berhubungan dengan lebih dari satu orang. “Sekitar 106 orang melakukan aktivitas seksual dengan lebih dari satu orang dan selebihnya pasien tertular karena pasangan mereka lebih dulu mengidap penyakit HIV/AIDS,” ucapnya.

Yang mencengangkan, menurut dia, para korban meninggal didominasi kaum pria. Data di RSUP Sanglah sepanjang lima bulan belakangan ini menunjukkan pada Januari sembilan lelaki meninggal dunia, Februari lima, Maret lima orang, April lima orang dan Mei sebanyak tujuh orang.

Saat ini masih ada anggapan bahwa penderita HIV/AIDS dapat menularkan penyakitnya ke orang lain sehingga mereka dikucilkan. Akibatnya para penderitanya merasa terbuang dari lingkungannya sehingga mereka semakin merasa tidak berguna menjalani hidup. “Padahal penyakit ini hanya bisa ditularkan lewat kontak seksual dan darah,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: