Menag Masih Berupaya Menurunkan BPIH


Jakarta (ANTARA) – Menteri Agama Suryadharma Alie mengatakan dirinya masih berupaya menurunkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2010 meskipun pada rapat konsultasi antara Pemerintah dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat sudah menyepakati penurunan hingga 51 dolar Amerika.

“Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) masih mungkin untuk turun, tapi berapa besarannya belum tahu. Kementerian Agama masih akan melakukan penghitungan sebelum melakukan rapat kerja dengan Komisi VIII DPR,” kata Suryadharma Alie setelah rapat konsultasi antara Pemerintah dan Komisi VIII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin petang.

Suryadharma menjelaskan pada rapat konsultasi antara Pemerintah dan Komisi VIII DPR sudah menyepakati penurunan BPIH sebesar 51 dolar Amerika.

Kementerian Agama, kata dia, masih berupaya melakukan optimalisasi meskipun besarannya sudah tidak signifikan lagi.

Ketua Komisi VIII DPR, Abdul Kadir Kardung, mengatakan pada rapat konsultasi antara Tim Kecil Panja BPIH Komisi VIII DPR dan Tim Kecil Pemerintah menyepakati penurunan harga tiket penerbangan sebesar 51 dolar Amerika dari 1.779 dolar menjadi 1.728 dolar.

“Harga tiket itu masih kami coba untuk diturunkan lagi sekitar empat dolar Amerika pada rapat kerja dengan Menteri Agama,” kata Abdul Kadir Karding.

Menurut dia, rapat kerja dengan Menteri Agama akan diselenggrakan pada Rabu (16/6) atau Kamis (17/6). Setelah itu Komisi VIII DPR akan segera menetapkan anggaran BPIH tahun 2010.

“Komisi VIII DPR akan menetapkan anggaran BPIH sebelum memasuki masa reses pada 18 Juni mendatang,” katanya.

Menurut Karding, selain penurunan biaya tiket penerbangan, pada rapat konsultasi Senin ini juga menyepakati pelayanan penerbangan untuk mengangkut jemaah haji Indonesia tidak dimonopoli oleh PT Garuda Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: