Listrik Gratis, DPR Sayangkan Tantangan Dahlan Iskan


JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyayangkan adanya tantangan yang terlontar dari Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan terkait menggratiskan listrik pelanggan 450 VA.
Menurut anggota Komisi VII DPR Chandra Tirta Wijaya, selama ini DPR selalu mendukung program PLN. “Kami menyayangkan kenapa harus ada kata menantang? Padahal selama ini kami dukung mereka (PLN). Lebih baik diajukan kepada kami secara baik-baik, apa sih idenya, sehingga kami bisa melihat,” ungkap anggota Dewan asal Fraksi Partai Amanat Nasional itu saat ditemui okezone, di Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Senin (14/6/2010).

Dia pun meragukan penuturan Dahlan Iskan yang menyebutkan bila pelanggan 450 VA itu digratiskan hanya mengakibatkan kerugian Rp1,5 triliun. Karena menurutnya, saat rapat dengar pendapat PLN dengan Komisi VII beberapa waktu lalu Dahlan mengungkapkan pelanggan 450 VA merupakan golongan pelanggan yang memperoleh subsidi listrik terbesar.

“Terkait masalah hitung-hitungannya, kemarin (beberapa waktu lalu) kan dia (Dahlan) mengatakan pelanggan 450 VA itu paling besar yang terkena subsidi, tapi kok dia malah menyebutnya Rp1,5 triliun? Kan aneh-aneh saja, hitungannya dari mana?” ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, pada prinsipnya DPR akan mendukung bila hal tersebut beralasan dan berdasarkan hitung-hitungan yang jelas.

“Pada prinsipnya, DPR bila melihat itu reasonable (beralasan) dan bisa dilaksanakan, kenapa tidak? Tapi harus kami lihat dulu apa dan bagaimana sih proposalnya? Jangan menimbulkan masalah baru lah. Itu kan sebenarnya akan menimbulkan masalah baru,” tandasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM, pada 2009 pelanggan rumah tangga kecil 450 VA mendapatkan subsidi Rp13,13 triliun, industri menengah memperoleh subsidi listrik sebesar Rp10,92 triliun, dan rumah tangga kecil 900 VA memperoleh subsidi sebesar Rp9,48 triliun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: