Go Koreaaa…


Gelandang Korea Selatan, Park Ji-Sung, menghindari takling pemain Yunani, Avraam Papadopoulos, pada laga pertama Grup B di Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth, Afrika Selatan, Sabtu (12/6). (Jamie McDonald/Getty Images)

Ah, sebuah angin segar akhirnya datang. Korea Selatan sukses menundukkan Yunani 2-0 di Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth. Tanda-tanda tim Asia bakal bersinar di Piala Dunia 2010?

Ketika hasil undian keluar, Korea Selatan dianggap harus bekerja keras untuk lolos dari Grup B. Pasalnya di grup ini bercokol juara dunia dua kali asal Amerika Selatan Argentina, raksasa Afrika Nigeria, dan jawara Piala Eropa 2004 Yunani.

Nama terakhir menjadi lawan pertama Korea Selatan, Sabtu malam. Hasilnya? Korea Selatan tampil luar biasa. Yunani disikat lewat gol pemain Kashima Antlers, Lee Jung-Soo, saat pertandingan baru berjalan di menit ke-7.

Seorang teman yang penggemar tim Inggris tadi mendukung Korea Selatan lantaran punya gelandang Park Jid-sung, dengan cepat meng-update statusnya. “Perfect goal Lee. J.S. Korea Rep. 1 – 0 Greece.

Dan ternyata, gelandang idolanya itulah yang kemudian mencetak gol kedua di menit ke-52. Saya langsung cek status di teman dan benar saja, langsung di update, “Wow, thats our boys, J S Park made a briliant goal! Korea Rep 2 – 0 Greece.

Satu yang belum bisa dilewati Korea adalah jumlah gol. Sejak pertama kali ikut tahun 1954 sampai saat ini, Korea belum bisa mencetak lebih dari dua gol. Toh, penampilan ciamik tadi malam, dua gol saja rasanya sudah oke seperti video di bawah ini.

Prestasi Korea Selatan di Piala Dunia:

Piala Dunia 1954
Babak Pertama: 0-0-2 (0-16)

Piala Dunia 1986
Babak pertama: 0-1-2 (4-7)

Piala Dunia 1990
Babak pertama: 3-0-0 (1-6)

Piala Dunia 1994
Babak pertama: 0-2-1 (4-5)

Piala Dunia 1998
Babak pertama: 0-1-2 (2-9)

Piala Dunia 2002
Peringkat empat: 3-2-2 (8-6)

Piala Dunia 2006
Babak pertama: 1-1-1 (3-4)

Hasil ini menempatkan Korea untuk sementara di puncak klasemen Grup B dengan nilai 3, sama dengan Argentina yang pada pertandingan beberapa jam setelahnya menundukkan Nigeria 1-0 berkat gol tunggal Gabriel Heinze.

Paling tidak, kemenangan ini akan jadi pemicu 3 wakil Asia lainnya untuk juga tampil bagus. Asutralia akan memulai debutnya dengan melawan Jerman di Grup D malam ini. Jepang yang ada di Grup E bertemu Kamerun, Senin (14/6) malam, dan Korea Utara langsung bertemu favorit, juara dunia lima kali, Brasil, Rabu (16/6). Korea sendiri akan bertanding lagi Kamis dengan menghadapi Argentina.

Well done, Park!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: