Galeri Blunder Kiper Inggris


Klaim kiper nomor satu Spanyol, Iker Casillas, bahwa posisi kiper adalah titik terlemah tim Inggris saat ini terbukti juga. Robert Green dikecam habis-habisan. Media, apalagi tabloid Inggris, belum lagi fan The Three Lions menghujat kesalahan fatal Green.

Pelatih Fabio Capello akhirnya memilih Green sebagai kiper utama pada laga pembuka Inggris melawan Amerika Serikat Grup C di Royal Bafokeng Stadium, Rustenberg, Minggu dini hari. Alih-alih sukses, Green justru membuat kesalahan. Ia gagal menghadang bola tendangan lemah gelandang Amerika Serikat Clint Demsey di menit-40.

Inggris memang tidak kalah di pertandingan ini. Tapi blunder kiper berusia 30 tahun itu langsung disambut kritikan  pendukung Inggris. Green bukanlah satu-satunya kiper yang melakkan kesalahan sehingga Inggris gagal menang. Sebelumnya, sudah ada daftar beberapa kiper Inggris lain yang juga melakukan blunder.

Inilah daftar ‘kiper blunder’ Inggris:

DAVID SEAMAN
(Brasil 2 Inggris 1, Piala Dunia 2002, Shizuoka Stadium, Shizuoka, 21 Juni 2002)
Inggris, di bawah Sven Goran Eriksson, harus bertemu Brasil di babak perempat final. Seaman, kiper Arsenal kala itu, gagal mengantisipasi tendangan bebas Ronaldinho dari jarak 38 meter yang melewati kepalanya di menit le-50. Gol awal michael Owen (23) disamakan Rivaldo (47). Gol Ronnie ini mengakhiri langkah Inggris. Brasil sendiri kemudian menjadi juara.

DAVID JAMES
(Austria 2 Inggris 2, kualifikasi Piala Dunia 2006, Ernst-Happel-Stadion, Vienna, 4 September 2004)
James saat itu masih memperkuat Manchester City. Entah kenapa ia gagal menahan tendangan jarak jauh Andreas Ivanschitz yang menerobos di tengah-tengah kakinya. Gol ini membuat Inggris membuang dua keunggulan mereka lewat Frank Lampard (24) dan Steven Gerrard (65). Satu gol Austria lainnya dibuat Roland Kollmann (71). Untungnya hasil ini tidak menghalangi Inggris untuk memimpin klasemen akhir di Grup 6 ini

PAUL ROBINSON
(Kroasia 2 Inggris 0, Kualifikasi Euro 2008, Maksimir Stadium, Zagreb, 11 Oktober 2006)
Ini adalah pertemuan pertama Inggris dengan Kroasia dikualifikasi Grup E Piala Eropa 2008. Di menit ke-61, backpass pelan Gary Neville lepas dari kaki Robinson. Tujuh menit sebelumnya Kroasia sudah unggul lewat gol pemain kelahiran Brasil Eduardo. Hasil akhir Inggris kalah 0-2.

SCOTT CARSON
(Inggris 2 Kroasia 3, Kualifikasi Euro 2008, Wembley Stadium, London, 21 November 2007)
Di pertemuan kedua, yang juga partai terakhir kualifikasi, Inggris menurunkan Carson. Namun debutnya justru jadi mimpi buruk. Carson membiarkan tendangan spekulasi gelandang Kroasia Niko Kranjcar di menit ke-8. Meski Inggris kemudian mencetak dua gol lewat Frank Lampard (56) dan Peter Crouch (65) namun dua gol tambahan dari Ivoca Olic (14) dan Mladen Patrcik (77) membuat Inggris gagal ke putaran final.

2 Tanggapan

  1. skuad inggris keren.. namun memang kelemahannya ada di kiper.. harusnya mereka minjam ke indonesia, pake aja markus horisson hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: