BTN Bentuk Tiga Tim “Talent Scouting”


Jakarta (ANTARA) – Badan Tim Nasional (BTN) PSSI membentuk tiga tim “talent scouting” (tim muda berbakat) mengingat luas wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mencari bibit unggul sepak bola.

“Kami sudah membentuk dua divisi baru, yakni divisi talent scouting dan divisi sport science. Mulai Juli, kami akan memburu pemain muda dari seluruh Indonesia,” kata Ketua BTN, Iman Arif kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tiga tim pemantau pemain berbakat ini adalah Tim pertama memburu usia 12-14 tahun diketuai Satia Bagdja.

Tim kedua untuk usia senior dan U-23 dengan ketua Sutan Harhara. Sedangkan tim ketiga merupakan `mata-mata` untuk pengadaan audio visual tim-tim lawan dengan ketua Timo Scheunemann.

Untuk memudahkan tugas ini, menurut Arif, BTN membagi pemantau dalam enam wilayah. Masing-masing wilayah akan memiliki penanggung jawab sendiri. Sedangkan pemain yang akan terpilih akan dilaporkan kepada Riedl secara tertulis.

“Ini merupakan bentuk reformasi dalam memantau pemain-pemain berbakat yang selama ini belum terlihat. BTN jadi bisa melihat pemain kita berkembang lebih maju,” katanya.

Sementara untuk Divisi sport science ini akan ditangani oleh dr Phaidon L Toruan MM dan dr Arie Sutopo.

“Sport science akan kami kembangkan. Selain talent scouting, akan dilalukan edukasi olahraga di daerah-daerah. Termasuk melakukan seminar tentang nutrisi pesepakbola dan sport science ke daerah,” katanya.

Sementara pelatih kepala timnas Indonesia, Alfred Riedl, menjalani operasi lutut dan akan bekerja kembali setelah usai Piala Dunia. “Kami akan memantau pemain untuk timnas dari babak delapan Piala Indonesia,” kata asisten pelatih timnas Wolfgang

BTN sendiri telah melakukan seleksi terhadap lebih dari 50 pemain di Makassar dan Jakarta pada awal Juni ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: