PKS: Dana Desa Rp 1 M Tak Logis


JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah usulan dana aspirasi Rp 15 miliar bagi anggota Dewan diwarnai penolakan, Fraksi Partai Golkar ganti menggulirkan usulan dana pembangunan desa sebesar Rp 1 miliar untuk sekitar 73.000 desa dan kelurahan. Usulan ini kembali mendapat tentangan. Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menilai usul itu tak rasional.

Dana 1 miliar untuk desa itu tidak rasional.

“Dana Rp 1 miliar untuk desa itu tidak rasional. Dikali untuk sekitar 70.000 desa, jumlahnya hampir Rp 70 triliun per tahun. Sementara kita tiap tahun dapat dana asing dan setiap tahun bayar pokok dan bunga utang sampai Rp 150 triliun,” kata Anis, seusai mengisi diskusi di Jakarta, Sabtu (12/6/2010).

Maka, secara tegas, ia mengatakan, PKS kembali menolak usul tersebut sama halnya dengan usulan dana aspirasi. “Ini politik Robin Hood. Tidak begini cara menyejahterakan rakyat,” tegasnya.

Ia memaparkan, dana yang mengalir ke desa sudah cukup besar dan diakomodasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Dana APBN sebesar 20 persen, menurutnya, sudah mengalir ke daerah. “Dana public service banyak juga yang mengalir ke sana. Pemerintah juga punya program kesejahteraan yang banyak,” ujarnya.

Cara-cara mengalirkan dana segar dalam jumlah besar ini, dikatakannya, hanya membebani negara dengan program yang irasional. “Kalau mau membangun popularitas jangan pakai anggaran negara,” tegas Anis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: