KBRI Vatikan Gelar Pagelaran Batik


London (ANTARA) – KBRI Vatikan bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan KBRI setempat menyelenggarakan Pagelaran Batik bertema “Batik: The Making of Incredible Colour,” diadakan di gedung KBRI Vatikan, Jumat (11/6).

Dalam acara itu, selain menampilkan presentasi dan peragaan cara membuat batik, juga dilakukan peragaan busana oleh anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Vatikan dan KBRI Roma, ujar Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Vatikan Bonifacius Riwi Wijayanto kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

Di hadapan para undangan yang merupakan anggota United Nations Women`s Guild (UNWG) of Rome, istri-istri diplomat yang diakreditasikan untuk Takhta Suci Vatikan dan Republik Italia ini, anggota Dharma Wanita juga menunjukkan kemahirannya dalam memainkan gamelan.

Undangan yang hadir sangat antusias menyaksikan peragaan dan kreasi Batik yang ditampilkan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan mengenai cara pembuatan batik dan bahkan keingintahuan beberapa undangan untuk mencoba bagaimana melukis batik dengan menggunakan canthing.

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Suprapto Martosetomo menyampaikan acara tersebut ditujukan untuk memperkenalkan ragam kekayaan budaya Indonesia, khususnya batik.

Dikatakannya, hal yang menarik adalah ide tersebut muncul dari Ibu-ibu yang selama ini mendampingi suami dalam melaksanakan tugasnya sebagai diplomat di Takhta Suci Vatikan dan Italia.

Menurut Dubes, segmen yang hendak diraih sangat potensial, yakni para istri kalangan diplomatik yang berada di Italia.

Hal ini, menurut Duta Besar RI, menunjukkan peran istri pejabat diplomatik dalam mendukung misi diplomasi kebudayaan Indonesia di negara lain berdampak positif dan diharapkan akan dapat dikembangkan di masa yang akan datang.

Acara pagelaran batik tersebut diakhiri dengan menari poco-poco bersama-sama dan mini bazaar aneka ragam kain batik koleksi Dharma Wanita Persatuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: