Greenpeace Tolak Pembangunan PLTN


Liputan6.com, Jakarta: Puluhan aktivis Greenpeace berunjuk rasa di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (12/6) pagi, menolak pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Dalam orasinya, pengunjuk rasa yang juga membawa sejumlah spanduk ini menyatakan tidak setuju dengan rencana pemerintah tersebut dan mendeklarasikan Gerakan Antitenaga Nuklir Indonesia.

Menurut Arif Fiyanto, Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara, Masyarakat Indonesia kini lebih keras menyuarakan penolakan terhadap tenaga nuklir karena menginginkan energi yang aman untuk masa depan. Gerakan ini juga menggambarkan bagaimana lobi pihak pro-nuklir termasuk BATAN dan Kementerian Riset dan Teknologi, agresif dalam mempromosikan pembangunan tenaga nuklir di Indonesia.

Arif juga mengkritik pemerintah karena masyarakat jarang sekali dilibatkan dalam konsultasi dan diberikan informasi objektif dan transparan mengenai tenaga nuklir dan rencana pembangunan PLTN di kawasannya. “Tidak ada keuntungan nyata dari pembangkit listrik tenaga nuklir, yang ada hanya kerugian ekonomis dan bahaya nyata,” tegas Arif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: